No Log VPN Pengertian Fungsi Jenis Dan Manfaat

Kali ini sobat akan bahas mengenai masalah yang sedang hits yaitu mengenai No Log VPN. No Log Virtual Private Network (VPN) atau Jaringan pribadi virtual tanpa pencatatan memungkinkan penggunanya menjelajahi web secara anonim. VPN semacam itu tidak merekam aktivitas apa pun yang dapat mengarah pada identifikasi klien mereka.

Banyak penyedia VPN mengklaim bahwa mereka membantu klien menjaga privasi online. Salah satu cara terpenting penyedia VPN dapat mendukung tujuan ini adalah dengan tidak mencatat data atau aktivitas pengguna.

No Log VPN atau VPN Tanpa Log

Itu disebut layanan VPN tanpa log, yang merupakan perbedaan penting saat memilih penyedia.

Namun, apakah perusahaan tersebut benar-benar menahan diri untuk tidak merekam aktivitas pengguna, dan jika tidak, jenis informasi apa yang mereka catat?

Lanjutkan membaca untuk mempelajari tentang layanan VPN tanpa pencatatan, jenis informasi apa yang dapat mereka lacak, dan kapan praktik semacam itu dapat diterima.

Pengertian Log

Singkatnya, log atau file log adalah catatan aktivitas yang berlangsung di antara dua server. Asalkan saat ini Anda tidak menggunakan VPN yang tidak menyimpan log, ISP dan server DataProt kita merekam aktivitas kita sekarang.

Catatan (log) ini ditampilkan saat Anda online, konten apa yang Anda akses, dan dari alamat IP mana.

Siapa pun yang mendapatkan akses ke catatan ini dapat menggunakannya untuk melacak geolokasi Anda, memahami kebiasaan dan minat Anda, dan bahkan menemukan identitas Anda.

Contoh No Log VPN

Jadi, log penggunaan sangat membantu pemasar dan siapa saja yang ingin mengumpulkan dan menganalisis data untuk tujuan periklanan.

Selain itu, otoritas hak cipta dapat menggunakannya untuk melacak orang-orang yang membajak konten dan mengunduh materi berhak cipta dari web secara ilegal.

Pengertian No Log VPN

Singkatnya, pengertian No Log VPN adalah sebuah VPN yang tidak mencatat aktivitas online ke klien mereka. Dengan demikian, menggunakan layanan ini memungkinkan Anda menjelajahi web, mengunduh file, dan menggunakan aplikasi tanpa ada yang mengetahui apa yang Anda lakukan, setidaknya secara teori.

Itulah ide utama di balik layanan No Log VPN atau tanpa catatan – tidak seorang pun, bahkan penyedia layanan internet Anda atau perusahaan VPN, yang dapat melihat apa yang kita lakukan secara online.

Apakah Mengakses Internet Secara Anonim Mungkin?

Siapa pun yang berlangganan layanan No Log VPN dan mengaktifkan VPN berharap dapat menjelajahi internet secara anonim.

Meski begitu, catatan aktivitas dibuat, satu-satunya perbedaan adalah bahwa alamat IP penyedia VPN menggantikan pengguna dalam catatan yang tertinggal.

Selain itu, semua data melewati terowongan terenkripsi VPN, yang membuatnya tidak dapat dibaca oleh siapa pun yang mencoba mengumpulkan dan menganalisisnya.

Mereka hanya dapat melihat bahwa Anda terhubung ke server VPN, tidak lebih.

Meskipun banyak orang yang menggunakan VPN yang tidak menyimpan log percaya bahwa privasi mereka dilindungi, tidak selalu demikian.

Misalnya, jika Anda masuk ke akun Google Anda, tidak mungkin Google tidak akan tahu siapa Anda, apakah Anda menggunakan No Log VPN atau tidak.

Masuk ke akun memperlihatkan identitas Anda dan memungkinkan operator platform untuk melihat apa yang Anda lakukan.

Jadi, selain menggunakan layanan VPN tanpa pencatatan dengan kebijakan larangan masuk yang ketat saat menjelajahi web, pastikan Anda tidak masuk ke salah satu akun Anda untuk menghindari pelacakan.

Potensi Masalah No Log VPN

Saat Anda membuka situs web, log secara otomatis dibuat di suatu tempat. Namun, jika Anda menggunakan VPN, itu tidak akan berisi alamat IP Anda tetapi server VPN.

Jadi, jika pemasar atau otoritas hak cipta ingin mengetahui siapa yang mengunjungi situs web tertentu pada jam berapa, mereka harus melalui penyedia VPN untuk memperoleh informasi tersebut.

Masalahnya adalah sebagian besar penegak hukum negara – termasuk Amerika Serikat – dapat memaksa penyedia VPN untuk menyerahkan log pengguna jika mereka mengajukan perintah pengadilan.

Itulah mengapa disarankan untuk menggunakan layanan VPN tanpa pencatatan yang berbasis di negara-negara di luar yurisdiksi otoritas AS, seperti Panama, Kepulauan Virgin Inggris, atau Kepulauan Cayman.

Jika mereka yang mencari informasi tidak dapat memperolehnya melalui penyedia VPN, mereka dapat menghubungi situs web yang Anda akses.

Namun demikian, pengunjung tetap anonim karena situs web hanya dapat melihat alamat VPN.

Meskipun banyak VPN berjanji bahwa mereka tidak menyimpan log, atau setidaknya yang dapat mengidentifikasi klien mereka, banyak yang membuat kebijakan tanpa log mereka sengaja dibuat kabur, jika tidak benar-benar menyesatkan.

Misalnya, mereka dapat membedakan berbagai jenis log, yang membawa kita ke poin berikutnya.

Jenis Log

Meskipun VPN yang tidak mencatat aktivitas web akan menahan diri dari merekam aktivitas apa pun yang dilakukan penggunanya atau informasi sensitif lainnya, penyedia VPN lain mungkin merekam jenis informasi tertentu yang terkait dengan permintaan DNS, metadata, penggunaan bandwidth, dan stempel waktu koneksi.

Log Koneksi VPN

Penyedia dapat mengumpulkan log koneksi pelanggan dari server VPN dan tingkat pengguna. Yang pertama adalah tentang mengoptimalkan kinerja jaringan dan tidak mengandung informasi sensitif apa pun.

Di sisi lain, yang terakhir bermasalah dan mungkin termasuk data seperti alamat IP pengguna yang sebenarnya dan tanggal dan waktu koneksi.

Anda sering melihat pesan bahwa tujuan pengumpulan data adalah untuk memberikan pengalaman terbaik atau meningkatkan layanan pelanggan.

Tetapi kami tahu dari pengalaman bahwa mengumpulkan data di tingkat pengguna tidak diperlukan untuk mempertahankan jaringan VPN yang berkinerja baik.

Beberapa log koneksi standar adalah:

  • Penggunaan bandwidth
  • Alamat IP Sumber
  • Alamat IP Server VPN
  • Tanggal Dan Waktu Koneksi
  • Log Aktivitas VPN

Log aktivitas atau penggunaan adalah log pengumpulan data yang paling invasif. Mereka dapat mengungkapkan browser pengguna, situs web yang dikunjungi, waktu akses, dan waktu yang dihabiskan untuk masing-masing.

Data yang dikumpulkan melalui log aktivitas biasanya dijual ke platform periklanan dan digunakan untuk menayangkan iklan bertarget.

VPN gratis adalah salah satu penyebab umum yang mengumpulkan jenis informasi ini karena mereka perlu mendanai operasi mereka entah bagaimana.

Beberapa jenis log penggunaan standar adalah:

  • URL yang dikunjungi
  • Permintaan DNS
  • Metadata penggunaan
  • Riwayat penjelajahan

Log Agregator VPN

Virtuak Privat Network populer cenderung mengumpulkan log agregat. Itu berarti VPN mengambil informasi yang, secara teori, tidak dapat ditautkan ke pengguna tertentu.

Pengumpulan data ini mungkin termasuk situs web yang Anda kunjungi, berapa banyak bandwidth yang Anda gunakan, atau saat Anda terhubung ke server tertentu.

Kabar baiknya adalah bahwa penyedia VPN tanpa log menghapus informasi pengenal sebelum menambahkannya ke database mereka.

Juga, pertimbangkan bahwa beberapa VPN yang mengklaim tidak menyimpan log mungkin sebenarnya menyimpan log gabungan.

VPN dan Retensi Log

Jadi, apakah jaringan pribadi virtual tanpa-log menyimpan informasi pribadi dan lainnya pengguna atau tidak?

VPN tanpa pencatatan yang asli tidak akan mencatat data apa pun yang dapat mengarah pada identifikasi pengguna.

Itu termasuk alamat IP pengguna, riwayat penelusuran, dan metadata lalu lintas. Informasi ini harus tetap tersembunyi dari pemasar, mata-mata lain, dan layanan VPN itu sendiri.

Namun, penyedia layanan VPN mungkin memiliki alasan yang sah untuk menyimpan log, tergantung pada situasinya.

Lebih sering daripada tidak, satu-satunya data yang akan disimpan oleh VPN tanpa log yang tepercaya berasal dari informasi yang Anda gunakan untuk mendaftar layanan dan detail penagihan jika Anda meminta pengembalian dana.

Log VPN yang Dapat Diterima

Melindungi informasi pribadi dan informasi lainnya pengguna mereka sangat penting untuk layanan VPN yang bereputasi baik, apakah klien menggunakan VPN untuk melewati pembatasan geografis untuk streaming di Firestick atau layanan streaming lainnya, meningkatkan keamanan saat bekerja, atau alasan lain. Namun, contoh ketika logging dapat diterima adalah:

  1. Info beban server
  1. Penggunaan bandwidth
  1. Lokasi server VPN
  1. Log koneksi gabungan
  1. Subnet alamat IP asal, hanya mengungkapkan penyedia layanan internet Anda

Log VPN yang Tidak Dapat Diterima

Di sisi lain, tidak ada VPN tanpa log asli yang akan mengumpulkan data berikut, apa pun kondisinya:

  • Permintaan DNS
  • Situs web yang dikunjungi
  • Alamat IP spesifik pengguna
  • Alamat IP dari server VPN yang ditetapkan

Cara Memastikan Penyedia VPN Tidak Menyimpan Log

Sebenarnya, Anda tidak dapat 100% yakin bahwa No Log VPN itu nol log setidaknya karena dua alasan.

Salah satunya adalah bahwa internet adalah tentang merekam setiap koneksi setidaknya, dan tidak ada jalan lain untuk itu.

Tetap saja, VPN tanpa log yang sebenarnya menghapus semua data pengguna sebelum masuk ke database, tetapi mengiklankan praktik seperti itu tidak cerdas untuk perusahaan VPN karena itu akan mengungkapkan bahwa mereka mencatat aktivitas pengguna.

Alasan lainnya adalah bahwa pengguna harus menjadi administrator untuk mengonfirmasi bahwa logging tidak terjadi di server.

Bahkan jika diberikan hak istimewa seperti itu, penyedia jaringan pribadi virtual dapat menghapus log tentang lalu lintas VPN selama pemeriksaan administrator.

Yang terbaik yang dapat Anda lakukan adalah meneliti penyedia dengan cermat sebelum membeli paket jasa ini dan memeriksa ulasan pengguna untuk melihat apakah ada yang memiliki masalah dengan retensi log.

Jika klaim tanpa pencatatan perusahaan telah dikonfirmasi oleh audit independen, itu adalah nilai tambah lainnya.

Melindungi Informasi Dari Aktivitas Penyimpanan Catatan Aktifitas

Jika Anda tidak keberatan bekerja lebih keras untuk memastikan privasi Anda, Anda dapat mengambil langkah-langkah berikut untuk mencegah server VPN menyimpan dan kemudian mengekspos data Anda:

Teliti dan verifikasi Penyedia Jasa

Periksa apakah beberapa kasus hukum mengonfirmasi bahwa penyedia tidak menyimpan log di masa lalu.

Gunakan VPN dengan browser Tor

Untuk membuatnya berfungsi, unduh versi VPN yang sesuai, luncurkan klien VPN, buka aplikasi, sambungkan ke server, dan luncurkan Tor.

Gunakan beberapa layanan VPN

Jika kita tidak memiliki masalah kinerja dengan perangkat Anda, beralih ke opsi ini akan membawa kita selangkah lebih dekat untuk menjaga agar informasi sensitif kita tidak merekam kebijakan logging VPN yang mungkin diberlakukan.

Pilih VPN yang tergabung dalam negara tanpa undang-undang penyimpanan data yang ketat.

Tiga Perusahaan No Log VPN Terbaik

Jika Anda mencari penyedia layanan VPN tanpa log yang terbukti, Anda tidak akan salah dengan salah satu penyedia di bawah ini.

  1. VPN Ekspres

ExpressVPN saat ini memiliki server berkecepatan tinggi di 94 negara dan menawarkan jaminan uang kembali 30 hari.

Penyedia ini berkantor pusat di Kepulauan Virgin Britania Raya, dan dukungan pelanggan tersedia 24/7.

Last but not least, pengaturannya sangat mudah, dan stempel waktu koneksi, penggunaan bandwidth, dan lokasi server adalah satu-satunya log yang dikumpulkan penyedia, menjadikan ExpressVPN salah satu VPN tanpa log terbaik di pasar.

  1. NordVPN

NordVPN adalah salah satu VPN tanpa log yang paling terpercaya. Berkantor pusat di Panama City, ia menawarkan ribuan server di 59 negara.

Seperti ExpressVPN, ia memiliki jaminan uang kembali 30 hari. Menurut penelitian kami, NordVPN tidak mencatat apa pun selain penggunaan bandwidth agregat, yang menjadikannya salah satu penyedia VPN tanpa pencatatan terbaik secara keseluruhan.

Plus, VPN ini adalah salah satu penyedia VPN terbaik untuk iOS, dipercaya oleh jutaan pengguna iPhone di seluruh dunia.

  1. Perfect Privacy

Dari kantor pusatnya di Swiss, Perfect Privacy mengawasi lebih dari 55 server di 26 negara. Seperti NordVPN, perusahaan ini hanya mencatat penggunaan bandwidth gabungan.

Jadi, alamat IP Anda, lokasi server, riwayat penelusuran, dan lainnya tidak akan diungkapkan kepada pihak ketiga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *