Awas jadi korban tautan kartu prakerja HOAX

Halo sobat aliyhafiz.com, kembal lagi dengan artikel keamanan digital. Kali ini saya akan membahas tentang maraknya link hoax untuk bantuan prakerja gelombang 12 yang tidak resmi dari pemerintah atau alias berita hoax. Mengapa disebut berita hoax atau tautan hoax?

hoax adalah informasi yang sesungguhnya tidak benar, tetapi dibuat seolah-olah benar adanya. Akibat dari hoax atau berita bohong bisa berakibat buruk bagi yang menjadi korbannya. Oleh karena itu pembuat hoax atau berita bohong ini mendapat ancaman hukuman dalam UU ITE.

Hoax kadang terjadi berdasarkan situasi dan kondisi tertentu. Misal situasi politik, lowongan bantuan dan lain lain. Karena sekarang pemerintah sedang membuka bantuan prakerja, maka hoax yang beredar adalah berita prakerja.

Pembaca aliyhafiz.com perlu berhati hati dengan hoax prakerja yang beredar berupa pesan berantai melalui media sosial seperti melalui whatsapp, facebook dan lainnya. Untuk memastikan apakah berita tersebut benar harus memastikan dari sumber yang terpercaya. Berikut ini contoh pesan berantai yang merupakan hoax.

Bantuan prakerja gelombang  12 adalah hoax, jika diakses melalui laman selain prakerja.go.id. marak beredar tautan bantuan prakerja gelombang 12 melalui laman kartuprakerja.net. kartuprakerja.com dan lain lain, tautan tersebut dipastikan adalah hoax karena bukan berasal dari sumber resmi pemerintah yaitu  di laman prakerja.go.id. mari kita kupas sedikit tautan dari kartuprakerja.net ini …

  1. Ekstensi domain berupa .net [dot]net. Ekstensi ini adalah ekstensi web bukan dari pemerintah. Dimana yang resmi dari pemerintah ekstensi domainnya berupa .go.id [dot]go[dot]id. Misal prakerja.go.id. berlaku juga untuk tautan kartuprakerja.com dan lain lain.
  2. Tidak menggunakan protokol SSL (secure sockert layer) seperti https. Untuk alasan keamanan sebaiknya setiap mengakses web, gunakan protokol keamanan. Contoh berikut ini:
kartuprakerja hoax
Gambar akses web tanpa protokol keamanan https

kartuprakerja hoax
Gambar akses web dengan protokol keamanan https

3. Meminta pengguna untuk menshare berita, seperti di tautan kartuprakerja.net

kartuprakerja hoax
Gambar share informasi HOAX kartuprakerja.net

kartuprakerja hoax
Gambar persyaratan mendapatkan bantuan dengan menyebarkan ke grup whatsapp

4. Jika kita buka menggunakan page source di browser, maka tampilannya sebagai berikut:

source code kartuprakerja hoax
Gambar source code web kartuprakerja.net

4. Jika dilihat sourcenya, dapat kita lihat dari gambar di atas bahwa ada kata motherfucker, yang tentunya bukan kata yang baik.

Baca Juga  Prinsip, Ancaman, dan Sertifikasi Keamanan Jaringan

Demikian sedikit tip mengenai tautan hoax atau berita palsu. Semoga bermanfaat.

Share ke:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *