Cara Cek Rekening Agar Tidak Tertipu Transaksi Online

aliyhafiz.com – halo sobat kembali dengan tips baru yaitu agar tidak tertipu ketika akan belanja online. Saat era new normal sekarang ini dimana aktifitas berubah menjadi online. Jumlah transaksi online meningkat. Namun mirisnya jumlah korban penipuan transaksi online juga meningkat. Nah kali ini aliyhafiz.com akan membahas sedikit tips bagaimana agar tidak menjadi korban penipuan ketika akan belanja online yaitu dengan cara cek rekening. Disimak ya..

berikut ini langkah agar tidak tertipu ketika belanja online,..

#1. Tidak Serakah

Tidak serakah dalam artian jangan tergiur dengan iming iming harga yang murah, jika suatu produk dipasaran harganya Rp 1 juta,  dan di online ada yang menjual Rp.100.000., saja..teman teman patut curiga..apakah ini barang original, atau penjualnya adalah penipu

#2. Cek Profil Penjual

Cek profil perlu dilakukan untuk mengetahui identitas dari penjual. Penjual yang penipu memanfaatnya poto yang cantik cantik atau tampan untuk memikat calon pembeli, lihat pertemanannya..masa bergabung dengan online shop. Profil yang sangat cantik, dan waktu bergabung yang masih baru, patut dicurigai oleh calon pembeli.

#3. Cek Rekening

Nah, sampai ke tahap akan mentransfer uang, teman bisa mengecek apakah rekening tujuan adalah memang rekening terpercaya atau rekening penipu. Teman bisa mengakses web cekrekening.id. untuk mengecek apakah rekening tujuan adalah rekening penipu atau bukan. Berikut ini adalah tampilan dari web cekrekening.id.

web cek rekening
web cekrekening.id

Jika rekening tujuan adalah rekening yang bersih maka tampilannya adalah seperti di bawah ini. memang gambar di bawah ini adalah rekening tanpa pengaduan, namun bukan berarti rekening tersebut bukan rekening penipu. karena ada 2 opsi, yang pertama rekening tersebut memang rekening bersih atau bukan penipu. opsi kedua rekening terebut belum ada pengaduan penipuan. Bagaimana raca cek rekeningnya? teman hanya perlu memasukkan rekening tujuan, masukkan nama bank nya, dan ceklis i am not robot.

halaman cek rekening
halaman cek rekening tanpa pengaduan

Namun jika tampilannya ada laporan penipuan seperti di bawah ini, maka teman tidak perlu pikir panjang lagi untuk membatalkan transfernya.

halaman cek rekening dengan pengaduan penipuan

#4. Gunakan rekening bersama platform ecommerce terpercaya.

Baca Juga  7 Cara Hacker Meretas Situs Website

Jika ingin aman ya gunakan rekening bersama yang disediakan oleh platform ecommerce. Pembeli akan mentransfer ke rekening bersama milik ecommerce, kemudian jika barang telah sampai dan pembeli menerima, maka pembeli akan memberikan informasi bahwa barang telah diterima dan sesuai. Kemudian pihak ecommerce akan meneruskan dana pembelian ke pihak penjual..Tentu teman sudah tahu bagaimana menggunakannya bukan…

#5. Jika Sudah Tertipu

Lalu bagaimana jika teman sudah terlanjur menjadi korban penipuan belanja online?..sudah terlanjut transfer ke rekening penipu tersebut…teman teman bisa membantu mengingatkan saudara, sahabat, rekan yang lain untuk lebih berhatihati. Kemudian melapor ke bagian krimsus cyber crime di kepolisian setempat. Lalu melaporkan rekening penipu tadi ke website cekrekening.id bahwa rekening tersebut adalah rekening penipu. Hal ini dilakukan agar tidak ada lagi korban yang tertipu dengan pengguna rekening tersebut.

caranya dengan mengisi form pengaduan seperti dibawah ini. dengan menyiapkan bukti transferan, rekening tujuan.

halaman pengaduan rekening penipuan

Demikianlah tips agar tidak tertipu ketika akan belanja online yaitu dengan cara cek rekening. Dan perlu diketahui bahwa saat new normal dan work from home justru serangan dan penipuan online semakin meningkat, jadi kita perlu ekstra hati hati. Mudah mudahan dengan  menerapkan tips aman tersebut, transaksinya terus lancar dan aman..

Share ke:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *