10 Sertifikasi BNSP Gratis 2023

Share ke:

Halo sobat aliy hafiz kali ini kita akan bahas mengenai 10 sertifikasi BNSP gratis 2023 ya. ada banyak sertifikasi yang bisa diikuti seperti sertifikasi nasional BNSP dan sertifikasi berdasarkan vendor seperti cisco, mikrotik dan lain lain. saat ini kita fokus ke pembahasan mengenai sertifikasi bnsp ya..yuk disimak…

Pengertian BNSP

BNSP atau Badan Nasional Sertifikasi Profesi merupakan lembaga yang bertanggung jawab atas pengembangan dan pelaksanaan sistem sertifikasi profesi di Indonesia.

Sertifikasi BNSP RI Gratis
Informasi Sertifikasi BNSP RI Gratis

Badan ini didirikan pada tahun 2005 dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia, serta meningkatkan daya saing dan produktivitas bangsa.

Salah satu tugas utama BNSP adalah mengembangkan standar kompetensi kerja nasional Indonesia (SKKNI) untuk berbagai sektor dan profesi.

SKKNI merupakan acuan dalam menilai kompetensi dan kualifikasi seseorang dalam profesi tertentu. SKKNI dikembangkan melalui proses konsultasi dengan berbagai pihak, seperti perusahaan, organisasi profesi, dan pakar dari berbagai bidang.

Sertifikasi BNSP

Penjelasan Sertifikasi BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) merupakan salah satu bentuk pengakuan terhadap kompetensi seseorang dalam bidang tertentu, yang dikeluarkan oleh lembaga sertifikasi kompetensi yang diakui oleh BNSP.

Sertifikasi BNSP Gratis
Sertifikasi BNSP Gratis

adapun sertifikasi BNSP memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas dan produktivitas tenaga kerja di Indonesia, karena sertifikasi ini merupakan bukti bahwa seseorang telah memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan oleh pemerintah.

Proses sertifikasi BNSP dimulai dengan pengembangan standar kompetensi kerja nasional Indonesia (SKKNI) untuk berbagai sektor dan profesi.

Sertifikasi BNSP Gratis

Berikut ini adalah daftar 10 Sertifikasi BNSP Gratis yang ada di tahun 2023. Apa saja Sertifikasi Gratisnya? Yuk disimakā€¦

Sertifikasi Bidang Teknologi Informasi

Ini daftar sertifikasi bidang teknologi informasi yang gratis 2023, yaitu:

1. Sertifikasi Junior  Web Developer

Sertifikasi Junior Web Developer biasanya diambil oleh mereka yang ingin memulai karir di bidang pengembangan web atau ingin meningkatkan kemampuan mereka dalam pengembangan web.

Jenis sertifikasi ini memerlukan pengetahuan yang cukup dalam bahasa pemrograman, termasuk HTML, CSS, dan JavaScript, serta pengalaman dalam pengembangan aplikasi web.

Proses sertifikasi Junior Web Developer biasanya terdiri dari ujian teori dan ujian praktik. Ujian teori mencakup materi tentang bahasa pemrograman, pengembangan aplikasi, dan desain web. Sementara itu, ujian praktik melibatkan penyelesaian tugas-tugas pengembangan aplikasi web dalam waktu yang ditentukan.

2. Sertifikasi Junior  Network Administrator

Pengertian dari sertifikasi JNA atau Junior Network Administrator adalah sertifikasi yang diberikan untuk menunjukkan bahwa seseorang memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam pengelolaan jaringan komputer. Sertifikasi JNA membuktikan bahwa pemegang sertifikasi memiliki pemahaman yang mendalam tentang pengelolaan dan pemeliharaan jaringan yang efektif dan efisien.

Selain itu, Sertifikasi ini juga menunjukkan bahwa pemegang sertifikasi mampu mengelola perangkat keras, perangkat lunak, dan infrastruktur jaringan.

Proses sertifikasi Junior Network Administrator biasanya terdiri dari ujian teori dan ujian praktik. Ujian teori mencakup materi tentang jaringan komputer, protokol jaringan, keamanan jaringan, dan sistem operasi. Sementara itu, ujian praktik melibatkan penyelesaian tugas-tugas yang terkait dengan pengelolaan jaringan dalam waktu yang ditentukan.

3. Junior  Mobile Programmer

Sertifikasi Junior Mobile Programmer adalah sertifikasi yang mengakui bahwa seseorang memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam pengembangan aplikasi mobile. Sertifikasi ini menunjukkan bahwa pemegang sertifikasi memiliki pemahaman yang baik tentang pengembangan aplikasi mobile, termasuk desain aplikasi, pengkodean, pengujian, dan penerapan.

Proses sertifikasi ini melibatkan ujian teori dan praktik yang memerlukan pemahaman tentang bahasa pemrograman seperti Java, Swift, Kotlin, dan lainnya. Selain itu, sertifikasi ini juga memerlukan pemahaman tentang pengembangan aplikasi mobile, termasuk konsep UI/UX, pengembangan aplikasi berbasis cloud, integrasi aplikasi dengan platform pihak ketiga, dan penggunaan database.

4. Junior Desain Grafis

Sertifikasi Junior Desain Grafis adalah sertifikasi yang memberikan pengakuan resmi terhadap kemampuan dan keahlian seseorang dalam desain grafis. Sertifikasi ini menunjukkan bahwa pemegang sertifikasi telah memenuhi standar yang ditetapkan oleh lembaga sertifikasi terkemuka di dunia, seperti Adobe atau Corel, dalam bidang desain grafis.

adapun sertifikasi Junior Desain Grafis biasanya memerlukan pengetahuan dasar tentang desain grafis, termasuk penggunaan alat-alat desain grafis, teknik pengeditan gambar, pemilihan warna, dan kreativitas dalam desain. Sertifikasi ini juga memerlukan keterampilan dalam penggunaan perangkat lunak desain grafis, seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, atau CorelDRAW dan lain lain.

5. Data Analyst

Sertifikasi Data Analyst adalah sertifikasi yang menunjukkan bahwa seseorang telah memenuhi standar tertentu dalam kemampuan analisis data. Sertifikasi ini menunjukkan bahwa pemegang sertifikasi memiliki keterampilan dan pengetahuan dalam mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan data untuk membuat keputusan yang tepat.

kemudian sertifikasi Data Analyst biasanya memerlukan pengetahuan tentang penggunaan perangkat lunak analisis data, seperti SQL, Excel, dan R. Selain itu, pemegang sertifikasi harus memahami konsep statistik, analisis data, dan pengambilan keputusan bisnis. Sertifikasi ini juga mencakup penggunaan teknologi big data dan alat-alat visualisasi data.

6. Cyber Security Analyst

Sertifikasi Cyber Security Analyst adalah sertifikasi yang menunjukkan bahwa seseorang telah memenuhi standar tertentu dalam keamanan cyber dan memiliki keterampilan untuk melindungi sistem, jaringan, dan data dari serangan cyber. Sertifikasi ini menunjukkan bahwa pemegang sertifikasi memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk melakukan penilaian risiko keamanan dan mengimplementasikan solusi keamanan yang efektif.

oleh karena itu, sertifikasi Cyber Security Analyst biasanya memerlukan pemahaman tentang prinsip-prinsip keamanan informasi, metode pengujian penetrasi, identifikasi kelemahan keamanan, dan taktik serangan cyber. Pemegang sertifikasi ini juga harus memahami teknologi keamanan informasi dan metode keamanan jaringan.

Sertifikasi Bidang Marketing

7. Sertifikasi Digital Marketing

Sertifikasi Digital Marketing adalah sertifikasi yang diberikan kepada seseorang yang telah memenuhi standar tertentu dalam bidang pemasaran digital. Pemasaran digital saat ini semakin penting karena semakin banyak bisnis yang bergantung pada pemasaran online untuk mencapai target pasar mereka.

Pemegang sertifikasi Digital Marketing harus memiliki pemahaman yang kuat tentang media sosial, SEO (Search Engine Optimization), SEM (Search Engine Marketing), email marketing, dan konten pemasaran. Mereka juga harus memiliki kemampuan untuk menganalisis data dan mengevaluasi keberhasilan kampanye pemasaran digital. Saat ini sedanga ada sertifikasi bersubsidi untuk skema digital marketing, untuk info selengkapnya bisa kirim pesan ke wa.me/085378037069.

Sertifikasi BNSP Bidang Pariwisata

8. Tour Leader

Sertifikasi Tour Leader adalah sertifikasi yang diberikan kepada seseorang yang telah memenuhi standar tertentu dalam bidang kepemimpinan tur. Seorang Tour Leader bertanggung jawab untuk mengatur dan memimpin tur untuk kelompok wisatawan, termasuk menyusun rencana perjalanan, menyediakan informasi tentang tujuan wisata, memastikan keselamatan dan kenyamanan peserta tur, serta menyelesaikan masalah yang terjadi selama tur.

Pemegang sertifikasi Tour Leader harus memiliki keterampilan kepemimpinan yang kuat, kemampuan komunikasi yang baik, serta pengetahuan yang mendalam tentang tujuan wisata yang mereka pimpin. Mereka juga harus mampu mengelola konflik, mengambil keputusan cepat, dan menjaga keamanan dan kenyamanan peserta tur.

Sertifikasi Tour Leader juga dapat membuka peluang untuk meningkatkan karir dalam industri pariwisata. Setelah memperoleh sertifikasi ini, pemegangnya dapat melanjutkan ke sertifikasi yang lebih tinggi, seperti Sertifikasi Spesialis Pariwisata atau Sertifikasi Profesional Perencana Tur, yang memungkinkan mereka untuk memperoleh pengakuan lebih lanjut atas kemampuan dan pengetahuan mereka dalam industri pariwisata.

9. Receptionist

Sertifikasi Receptionist adalah sertifikasi yang diberikan kepada seseorang yang telah memenuhi standar tertentu dalam bidang penerimaan tamu atau front office. Seorang Receptionist bertanggung jawab untuk melayani tamu atau pengunjung, memberikan informasi, menangani panggilan telepon dan email, serta menjaga hubungan baik dengan tamu atau pengunjung.

Proses sertifikasi Receptionist biasanya melibatkan ujian teori dan ujian praktik. Ujian teori mencakup materi tentang tugas-tugas seorang Receptionist, seperti menjawab panggilan telepon, menerima tamu, menyediakan informasi, dan menangani masalah.

Sementara itu, ujian praktik melibatkan penilaian kemampuan dalam melayani tamu atau pengunjung, memberikan informasi, dan menjawab panggilan telepon atau email.

Pemegang sertifikasi Receptionist harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik, kemampuan multitasking, serta pengetahuan tentang produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan.

Mereka juga harus mampu menjaga keamanan dan kerahasiaan informasi, serta memiliki sikap ramah, sopan, dan profesional dalam melayani tamu atau pengunjung.

10. Local Guide

Sertifikasi Local Guide menjadi semakin populer di era digital saat ini. Profesi sebagai pemandu wisata lokal atau local guide sudah lama ada, namun seiring dengan berkembangnya teknologi, pekerjaan ini juga ikut bertransformasi.

Saat ini, banyak perusahaan travel atau aplikasi perjalanan seperti Airbnb, Tripadvisor, dan Google Maps yang membutuhkan local guide dengan kualifikasi dan sertifikasi yang baik.

adapun sertifikasi Local Guide merupakan bentuk pengakuan resmi dari pihak yang berwenang atas kompetensi seorang pemandu wisata lokal. Sertifikasi ini menjamin bahwa seorang pemandu wisata lokal memiliki kemampuan yang memadai untuk memberikan pelayanan yang baik kepada para wisatawan. Sertifikasi Local Guide juga menjadi tolak ukur standar profesionalisme dalam profesi ini.

Untuk memperoleh sertifikasi Local Guide, seorang calon harus melewati serangkaian tes dan pelatihan yang diadakan oleh lembaga atau asosiasi yang berwenang. Pelatihan tersebut mencakup berbagai aspek seperti sejarah dan budaya lokal, tempat wisata yang populer, dan keterampilan komunikasi dengan para wisatawan.

Info Skema Sertifikasi BNSP Gratis

Pada info sertifikasi BNSP di atas adalah daftar skema yang diberikan secara gratis setiap lembaga sertifikasi profesi atau LSP yang berada di bawah naungan lembaga BNSP. Aliy Hafiz selaku asesor sering membuka skema sertifikasi gratis namun tidak setiap saat. Untuk informasi sertifikasi gratis bisa menghubungi saya di instagram.com/aliy_hafiz ya.

Di lembaga BNSP biasanya ada program yang disebut PSKK yaitu Pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi Kerja. Dimana melalui program ini banyak LSP yang mendapat bantuan untuk melaksanakan sertifikasi BNSP secara gratis untuk pesertanya.

Kemudian untuk memperoleh sertifikasi BNSP gratis di tahun 2023 ini adalah dengan mengikuti pelatihan dan sertifikasi yang diberikan oleh kemenkominfo melalui program digitalent.

Di dalam program digitalent ini peserta akan mendapatkan pelatihan gratis dan sertifikasi BNSP gratis tanpa dipungut biaya apapun. Tentunya setelah melalui seleksi dari pihak pelatih dimana hanya yang lulus yang boleh ikut sertifikasi BNSP secara gratis.

Setelah peserta mengikuti proses asesmen atau sertifikasi ini, peserta yang dinyatakan lulus akan mendapatkan sertifikat kompetensi resmi dari BNSP. Sertifikat BNSP inilah yang bisa menjadi pembuktian kepada penerima kerja atau perusahaan yang membuka lowongan kerja sebagai pertimbangan untuk menerika pekerja.

Sertifikat bnsp sangat penting juga sebagai pembuktian atas kompetensi dari skema yang ada. Misal seseorang memiliki sertifikat bnsp di bidang web developer artinya kemampuannya atau skillnya sudah diakui secara nasional tentang web developernya.

Demikianlah informasi mengenai Sertifikasi BNSP yang tanpa dipungut biaya di tahun 2023 semoga membantu. Apabila ada pertanyaan tentang sertifikasi BNSP terutama bidang teknologi informasi bisa menghubungi saudara aliy hafiz di instagram.com/aliy_hafiz yaa.

Share ke: