Teknik Hacking Keylogger, Pengertian, Cara Kerja, Dan Bagaimana Mengatasinya

aliyhafiz.com – halo sobat semua, dalam teknik hacking tidak melulu menggunakan software yang rumit, (seperti software teknik hacking ini) perangkat keras yang mahal, atau cara yang susah..cukup dengan merekam keyboard dari target maka bisa mendapatkan informasi yang sangat berharga. Teknik hacking keylogger ini menggunakan perangkat yang disebut keylogger. Mulai dari pengertian, cara kerja, dan rekomendasi keylogger terbaik akan di bahas di di artikel ini ya..

Pengertian Keylogger

Secara bahasa keylogger terdiri dari 2 (dua) kata yaitu keystroke dan logger. Keystroke adalah tombol dan logger adalah pencatatan. Jika digabungkan keylogger adalah pentatan tombol. Arti keylogger berkembang menjadi perangkat yang berfungsi untuk merekam semua aktivitas yang dilakukan di papan ketik atau keyboard.

hacking keylogger
keylogger.org

Dalam kamus Merriam Webster keylogger memiliki arti perangkat lunak yang merekam aktivitas keyboard dengan tujuan mengumpulkan informasi pengguna tanpa sepengetahuan pengguna tersebut. Rupanya beberapa pengertian mensyaratkan tanpa sepengetahuan pengguna untuk perangakat keylogger, ini artinya sebuah perangkat disebut keylogger ketika perakaman keyboardnya tanpa sepengetahuan pengguna itu sendiri. Seiring perkembangan zaman diman keylogger hanya teriri dari pereangkat lunak, sekarng muncul keylogger dari prangkat keras.

Sejarah Keylogger

Keylogger mulai digunakan pada era tahun 1970 an, dimana uni soviet mengembangkan perangkat keras yang bertujuan untuk merekam peralatan mesin tik tenaga listrik. Yang kemudian keylogger ini disebut selectric bug, bertujuan untuk merekam pergerakan head printer dengan mengukur bagian magnetik  heard printernya.

Selectric bug ini digunakan pertama kali untuk merekam mesin tik selectric keluaran IBM (international bussiness machine).dimana sesin tik ini digunakan oleh diplomat amerika serikat dan gedung konsulat di moskow dan di st petersburg.  Kemudian keylogger ini baru ditemukan pada 16 mesin tik yang digunakan hingga tahun 1984 ketika amerika serikat mendapat gangguan pada operasinya.

Keylogger dalam bentuk perangkat lunak pertama kali dibuat oleh perry kivolowitz pada tahun 1983. Jenis keylogger ini menentukan karakter dan membuang karakter tertentu dalam list yang ada di kernel Unix.

Sejak saat itu, penggunaan keylogger menjadi meluas terutama ketika dimulainya era 1990 an dimana era internet dimulai. Banyak malware dikembangkan, dimana hacker tidak perlu memasang atau menginstal keylogger dalam bentuk perangkat keras. Dengan keylogger perangkat lunak ini memungkinkan hacker untuk mencuri data pribadi seperti data diri, data kertu kredit dan lain lain.

Lalu pada tahun 2014 departemen keamanan dalam negeri amerika serikat mulai memberikan peringatan kepada pengelola hotel tentang keylogger. Hal ini setelah sebuah insiden dimana kelogger digunakan di hotel yang ada di dallas texas. Dimana komputer yang digunakan bersama secara umum menjadi target yang sangat bagus untuk hacker.

Pada tahun 2015 keylogger mulai ditanamkan ke dalam game, dimana game yang telah menjadi tersangka yaitu game grand theft auti v. pada tahun 2017 banyak keylogger mulai banyak ditemukan pada berbagai perangkat elektronik seperti handphone dan laptop. Dimana modus pemasangan keylogger melalui patch software yang perlu diinstal oleh pengembang perangkap lunak.

Jenis Keylogger

Dalam melakukan hacking keylogger jenis perangkatnya dibedakan dalam 2 (dua) jenis yaitu :

Keylogger Perangkat Keras

Keylogger jenis perangkat keras merupakan Keylogger pertama yang pernah dbuat. Pada awalnya keylogger ini perlu ditancapkan ke input / output perangkat keras agar bisa merekam papan ketik atau keyboard komputer. Kemudian keyloggernya perlu dicabut dan diambil data yang telah berhasil disimpan. Lalu seiring perkambangan zaman, hal itu tidak diperlukan karena sudah dibekali dengan wireless dan bluetooth dalam pengiriman datanya.

Baca Juga  14 Perangkat Keamanan Teknologi Informasi

Keylogger perangkat keras sendiri banyak ragamnya, berikut ini adalah jenis keylogger perangkat keras:

#1.Keylogger Keyboard

Keylogger jenis ini merekam semua aktifitas keyboard yang ada pada komputer. Bahayanya Keylogger ini tidak terdeteksi oleh software dan untuk mendeteksinya kita perlu memeriksa perangkat keras yang terpasang. Biasanya ada pada slot USB yang ada pada komputer. Perangkat inilah yang paling sering digunakan untuk hacking keylogger.

#2.Keylogger Wireless Keyboard Dan Mouse

Keylogger jenis ini menggunakan teknologi wireless  dalam merekam aktifitas keyboardnya. Bentuk perangkat keylogger ini susah untuk diketahui karena menyatu dengan perangkat yang menghubungkan keyboard dengan komputer pada slot USB, dia menyatu dengan perangkat tersebut. Cara mengetahuinya adalah dengan scanning jaringan wireless yang ada. Jika kita tidak menghidupkan jaringan wireless tapi mengapa bisa ada jaringan wireless kita perlu curiga ada nya keylogger ini.

#3.Keylogger Keyboard Overlay

Keylogger jenis ini adalah perangkat keras keyboard yang tertanam di sebuah ATM yang bertujuan untuk merekam nomor pin pengguna. Dipasangkan pada mesin ATM oleh pelaku kriminal untuk merekam pin tersebut dan akan diambil kembali setelah berhasil merekam nomor pin.

#4.Keylogger Akunstik

Keylogger jenis ini memanfaatkan suara yang dihasilkan ketika tombol ditekan. Biasanya setiap tombol menghasilkan suara yang berbeda. Dengan menggunakan metode statistik dan banyak data dari sampel suara tombol. Perangkat keylogger ini merekam suara tombol tersebut kemudian menganalisa dan menterjemahkan ke dalam kalimat yang bisa dibaca. Yang tentu saja hasil terjemahnya bisa menjadi informasi yang sangat berharga.

#5.Keylogger Emisi Elektromagnetik

Keylogger jenis ini memungkinkan untuk menangkap emisi dari gelombang elektromagnetik yang dikeluarkan oleh sebuah kabel hingga 20 meter jauhnya. Pada tahun 2009 peneliti dari swiss melakukan percobaan terhadap berbagai USB, PS/2, dan keyboard laptop dan akhirnya menemukan celah keamanan ini. Peneliti tadi menggunakan pita gelombang yang telah ditentukan untuk menangkap emisi dari gelombang elektromagnetik yang dihasilkan oleh keyboard.

#6.Keylogger Perangkat Optic

Keylogger jenis ini merupakan keylogger yang menangkap apa yang diketik di atas keyboard melalui kamera. Keylogger perangkat optic bisa ditaruh dimana saja, terutama di mesin ATM dan lainnya dimana banyak orang harus memasukkan pin untuk mengambil uang. Maka pengguna perlu berhati hati dengan menutup papan ketik ketika memasukkan pin ATM.

#7.Keylogger Keypad

Merupakan perangkat keypad yang digunakan untuk memasukkan nomor pin. Dimana biasanya di tombol keypadnya masih terdapat sisa sidik jari yang bisa disimpan atau diambil. Jika ada 9 (sembilan) tombol dan nomor pinnya hanya 4 nomor, itu bisa mengurangi percobaan dalam pembobolan pin. Dimana jika ada 9 tombol maka untuk menjebol pin hanya dibutuhkan 4 kombinasi karena yang ada jejaknya hanya 4 angka.

#8.Keylogger Tubuh

Adalah Keylogger tubuh kita sendiri. Maksdnya ketika hacker ingin mengetahui pin atau password target maka ia perlu mencontoh gerakan dari target ketika memasukkan pin atau password. Dengan demikian percobaan dari menebak pin atau password bisa diminimalisir karena sudah ada pola yang diketahui

#9.Keylogger Accelerometer

Merupakan perangkat yang bisa mengukur pergerakan dari perangkat tertentu. Perangkat ini bisa digunakan untuk keylogger dengan cara merekam dari pergerakan target, dimana targetnya adalah keyboard. Cara kerja Accelerometer adalah dengan menangkap gerakan dari target dan membuat laporan tertulisnya.

Baca Juga  Prinsip, Ancaman, dan Sertifikasi Keamanan Jaringan

Keylogger Perangkat Lunak

Adalah jenis keylogger yang berbentuk perangkat lunak yang berdampingan dengan perangkat lunak lain. Kadang kala keylogger ini adalah legal, misal keylogger yang berfungsi untuk mengecek kesalahan dalam pengetikan. Atau untuk memonitor pengetikan apa apa yang dimasukkan ke dalam mesin pencari. Biasanya digunakan untuk pembatasan kata kunci dalam pencarian.

Berikut ini adalah jenis dari keylogger perangkat lunak yaitu

#1.Keylogger Berbasis Hypervisor

Yaitu keylogger yang bekerja di bawah sistem utama. Misal dibawah sistem operasi tertentu. Biasanya bekerja pada mesin virtual. Contoh keylogger ini yaitu blue pill.

#2.Keylogger Berbasis Kernel

Yaitu keylogger yang sudah ditanam di dalam kernel sistem operasi. Keylogger ini memiliki akses root, jika pengguna tidak memiliki akses root maka pengguna tidak dapat mendeteksi adanya keylogger sama sekali. Jenis keylogger ini sangat susah di deteksi karena menyatu dengan sistem operasi bahkan bisa menjadi driver dari perangkat keras.

#3.Keylogger Berbasis API

Merupakan keylogger yang berjalan ketika sebuah API dijalankan. Jadi fungsi dari keylogger berjalan hanya jika ada yang menjalankan API nya.

#4.Keylogger Berbasis Java Script

Merupakan keylogger yang bekerja pada perangkat lunak berbasis web. Kode jahat ditanamkan dengan beberapa metode seperti xss, man in the browser, remote website dan lain lain.

#5.Keylogger Berbasis Injeksi Memori

Merupakan keylogger yang melakukan injeksi memori pada sebuah browser atau sistem operasi. Teknik ini bisa membypass user account control yang dimiliki oleh platform windows.

#6.Keylogger Berbasis Form Grabbing

Merupakan teknik merekam dari aktifitas yang dilakukan oleh seseorang setelah menekan suatu tombol yang ada di website, atau bisa juga setelah korban menekan tombol enter atau sebagainya. Biasanya hacker menggunakan media website untuk melakukan itu. Dengan serangan ini hacker bisa mengambil gambar, merekam apa yang diketik dan lain lain.

Cara Kerja Keylogger

Bagaimana keylogger bekerja? dan bagaimana melakukan hacking keylogger? Cara kerja keylogger berbeda beda tergantung jenisnya. Misal keylogger perangkat keras tentu berbeda dengan keylogger perangkat keras. Kalau keylogger perangkat keras kebanyakan dipasang di belakang CPU. Atau bahkan di pasang di dalam keyboard itu sendiri. Untuk keylogger jenis ini tentu hacker yang memasangnya harus kembali lagi untuk mengambil perangkat yang telah dipasang dan mengambil data yang telah terkumpul.

Keylogger perangkat lunak biasanya hacker bisa memasang di komputer target tanpa perlu mendatangi komputer target, dengan teknik phising atau scareware hacker bisa meminta target untuk memasang aplikasi keylogger ini. Kelebihan keylogger perangkat lunak juga adalah bisa mengirim hasil rekamannya melalui internet, jadi hacker tidak perlu mendatangi komputer target.

Fitur Keylogger

Beberapa keylogger memiliki fitur yang standar dimana hanya merekam keyboard dari komputer target. Tapi ada juga fitur lainnya yang sangat bagus. Ini beberapa fitur yang wajib ada jika ingin melakukan hacking keyloger:

#1.Merekam apa yang diketik di keyboard

#2.Merekam semua pencarian yang dilakukan di mesin pencari adan browser

#3.Merekam suara yang masuk dan keluar dari perangkat

#4.Merekam layar dari komputer target

#5.Merekam folder, file dan data yang ada di komputer target

#6.Merekam data yang masuk dan keluar dari jaringan komputer

#7.Merekam clipboard dari komputer

Cara Mengatasi Keylogger

Bagaimana Mendeteksi  Keylogger

Hal yang pertama dilakukan untuk mengatasi keylogger adalah bagaimana mendeteksinya. Salah satu cara mendeteksi keylogger adalah menggunakan anti virus. Ada banyak anti virus yang dapat mendeteksi. Namun tidak semua dapat mendeteksi keylogger. Jika anti virus telah terpasang, maka sebagian besar keylogger akan terdeteksi terutama keylogger jenis perangkat lunak.

Baca Juga  Belajar Hacking: Mulai Darimana ?

Selain itu untuk mendeteksi keylogger bisa menggunakan software anti keylogger, dimana aplikasi ini khusus untuk mendeteksi adanya program jahat tersebut. Kemudian bisa juga menggunakan anti spy ware yang sangat benyak bisa di download di berbagai developer. Namun perlu berhati hati, karena bisa saja aplikasi tersebut justru adalah aplikasi jahat yang sama dengan keylogger.

Bagaimana Mencegah Keylogger

Jika komputer sudah bersih dari keylogger maka yang perlu dilakukan adalah berhati hati dengan aplikasi atau software yang akan dipasang di komputer. Pastikan aplikasi berasal dari developer resmi. Tidak menginstal software dari website warez. Tidak menginstal dari aplikasi yang ada di spam dan lain lain.

Cara lain untuk mencegah terkena keylogger adalah menggunakan sistem operasi yang berbasis live CD/USB. Kelebihan sistem operasi ini adalah bersih ketika sistem di matikan, sehingga bersih dari program jahat apapun termasuk keylogger. Selain itu dengan melakukan network monitor juga mampu mencegah terjadinya proses penyadapan karena pengguna bisa mendeteksi jika ada yang mencoba melakukan koneksi dengan jaringan luar.

Dalam pencegahan keylogger juga bisa menggunakan sistem one time password (OTP), token, one screen keyboard (OSK), pengenalan suaran, copy paste password dan lain lain. Namun ini tidak bisa benar benar mencegah dari keylogger hanya saja bisa mengurangi dari kebanyakan teknik keylogger yang ada.

Bagaimana Menghapus Keylogger

Jika komputer terdeteksi adanya keylogger maka perlu dilakukan penghapusan. Melakukan penghapusan harus dilakukan dari akses root atau administrator.

Mengapa Keylogger Menjadi Ancaman

Keylogger menjadi ancaman keamanan ketika data yang diperloleh dari hasil merekam keyboard atau perangkat komputer digunakan untuk tindak kejahatan. Atau dampak dari data yang dihasilkan oleh keylogger akan merugikan orang lain. Misalkan data yang diperoleh adalah username dan password akun media sosial, tentu akan sangat merugikan pemilik akun media sosial tersebut. Data diri yang menjadi otentifikasi pada suatu bank, tentu akan sangat merugikan pemilik rekening bank tersebut. Itulah mengapa keylogger menjadi ancaman pada keamanan teknologi informasi.

Rekomendasi 7 Keylogger Terbaik Untuk Windows

Berikut ini adalah rekomendasi 7  aplikasi terbaik untuk melakukan hacking keylogger pada windows:

  1. Actual   Keylogger
  2. KidLogger
  3. Real   Free   Keylogger
  4. Revealer   Keylogger   Free
  5. Free   keylogger   king
  6. LightLogger Keylogger
  7. Iwantsoft Free Keylogger

Rekomendasi 7 Keylogger Terbaik Untuk Android

Berikut ini adalah rekomendasi 7 aplikasi terbaik untuk melakukan hacking keylogger pada android:

  1. REFOG Keylogger
  2. Spytector
  3. SoftActivity Keylogger
  4. Ardamax Keylogger
  5. Elite Keylogge
  6. Golden Keylogger
  7. Keylogger Spy Monitor

Rekomendasi  Keylogger Terbaik Untuk Linux

Berikut ini software untuk melakukan hacking keylogger pada linux:

  1. Logkeys keylogger
  2. LKL linux keylogger

Rekomendasi 7 Keylogger Terbaik Untuk MAC

Berikut ini adalah rekomendasi 7  aplikasi terbaik untuk melakukan hacking keylogger pada MAC:

  1. Spyrix Keylogger
  2. Refog Keylogger for Mac
  3. Perfect Keylogger for Mac
  4. Elite Keylogger for Mac
  5. Aobo Mac Keylogger
  6. Hwsuite Mac Keylogger
  7. Tucows Mac Keylogger

Demikian pembahasan mengenai , pengertian, sejarah, cara kerja, jenis, cara mengatasi dan rekomendasi software keylogger. Semoga bermanfaat ya..

Referensi:
https://enterprise.comodo.com/what-is-a-keylogger.php
https://www.merriam-webster.com/dictionary/keylogger
https://searchsecurity.techtarget.com/definition/keylogger
https://usa.kaspersky.com/resource-center/definitions/keylogger
Bhardwaj, A., & Goundar, S. (2020). Keyloggers: silent cyber security weapons. Network Security, 2020(2), 14-19.
Cannoles, B., & Ghafarian, A. (2017). Hacking Experiment by Using USB Rubber Ducky Scripting. Journal of Systemics, 15, 66-71.
Hasibuan, M. S. (2018). Keylogger Pada Aspek Keamanan Komputer. Jurnal Teknovasi: Jurnal Teknik dan Inovasi, 3(1), 8-15.

Share ke:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *