10 Tips Pengamanan Smartphone

Tips Pengamanan Smartphone adalah artikel yang berisi 10 tips yang berguna untuk mengamankan smartphone dari berbagai kejahatan siber saat ini, disimak ya.

Keamanan smartphone atau ponsel merupakan kebutuhan yang penting saat ini karena maraknya kejahatan siber yang terus meningkat.

Tips Pengamanan Smartphone Atau Ponsel Cerdas
Tips Pengamanan Smartphone

Keamanan Handphone Sangat Penting

Smartphone adalah perangkat elektronik yang paling banyak digunakan dalam kehidupan kita sehari-hari. Dulu, kita menggunakan ponsel hanya untuk menelepon seseorang atau mengirim pesan teks penting.

Hari ini, handphone atau ponsel telah menjadi lebih mirip dengan komputer portabel. Dengan kekayaan fitur, jejaring sosial, dan aplikasi penghemat waktu, smartphone telah menjadi bagian penting dari rutinitas harian kita.

Saat ini handphone digunakan untuk mengatur jadwal kerja, memesan makanan, atau melacak kondisi kebugaran tubuh. Ponsel yang aman memberikan ketenangan pikiran bahwa data pribadi kita tidak akan berakhir di tangan orang-orang yang dapat menggunakannya untuk menyakiti diri kita.

Pertama, kita menyimpan dan membagikan banyak data sensitif dan pribadi di ponsel kita seperti pesan, gambar, video, kredensial masuk, kata sandi, dan banyak lagi.

Apakah kita menjadi korban peretasan ponsel cerdas atau smartphone atau kehilangan perangkat elektronik, ada banyak hal yang dipertaruhkan jika data ponsel kita dicuri.

Menjaga perangkat ponsel tetap mutakhir mencegah banyak eksploitasi sistem operasi. Menghindari situs web yang mencurigakan dan aplikasi pihak ketiga dapat membantu kita tetap aman dari malware sementara memiliki layar atau kunci tamu/anak di ponsel kita mempersulit orang acak untuk mendapatkan akses mudah ke file hanya dengan mengangkat ponsel milik kita.

10 Tips Keamanan Smartphone Atau Ponsel

Berikut ini adalah tips untuk pengamanan smartphone yang kita gunakan. Dengan melakukan tips ini kemungkinan kita menjadi korban kejahatan siber menjadi lebih kecil.

Apa saja 10 tips keamanan ponsel atau handphone itu?simak yuk

1. Pastikan Layar Selalu Terkunci

Tip pertama mungkin tampak seperti tip yang sederhana, tetapi kita akan terkejut betapa banyak orang yang melupakan hal dasar ini.

Ada beberapa metode kunci smartphone atau ponsel cerdas yang valid, dan kita bahkan dapat menggunakan aplikasi untuk mengunci ponsel kita. Sebaiknya gunakan pemindai sidik jari jika perangkat kita memilikinya.

Ini adalah metode yang lebih aman daripada FaceID, karena sidik jari tidak hanya unik untuk setiap individu di planet ini, tetapi juga berbeda di setiap jari.

Jika kita tidak memiliki akses ke metode perlindungan ponsel paling aman dan bertanya-tanya bagaimana cara mengunci aplikasi, ada juga opsi lain, seperti identifikasi wajah, kode PIN, aplikasi kunci PIN, kata sandi, dan pola buka kunci.

Berhati-hatilah untuk tidak menggunakan pola yang terlalu sederhana atau kode PIN yang jelas seperti tahun lahir atau urutan angka yang mudah ditebak.

Tips Pengamanan Smartphone ini sangat sederhana tapi sangat power full dan berguna untuk keamanan ponsel kita.

2. Selalu Update Perangkat Lunak Smartphone

Telepon yang aman lebih dari sekadar telepon dengan layar terkunci. Banyak eksploitasi peretas bergantung pada kerentanan dalam sistem operasi seluler – dua kali lipat pada platform Android, yang menjadi sasaran peretasan ponsel cerdas paling banyak dari platform ponsel cerdas mana pun.

Pengamanan ponsel cerdas Android bergantung pada pembaruan konstan untuk tetap berada di depan para peretas, tetapi banyak orang mematikan pembaruan otomatis.

Selain itu, dalam upaya untuk menjaga pembeli tetap membeli ponsel baru, banyak produsen dengan sengaja memotong dukungan untuk sistem operasi terbaru dari model lamanya.

Jika kita ingin tetap aman, pastikan untuk secara aktif melacak peningkatan OS untuk menghindari berbagai potensi masalah keamanan ponsel cerdas yang berasal dari perangkat lunak usang di ponsel.

3. Buat Kata Sandi Yang Kuat

Tip jelas lainnya yang tidak hanya berlaku untuk ponsel adalah ekstra hati-hati dengan kata sandi. Banyak orang puas dengan kata sandi yang jelas dan mudah ditebak.

Ini dapat mencakup nama atau nama keluarga mereka, hewan peliharaan atau anggota keluarga mereka, dan informasi lain yang jelas, seperti tahun lahir, bulan, atau tanggal. Coba gunakan kata sandi yang dimulai dengan huruf kapital, dan sertakan simbol dan angka.

Untuk keamanan lebih, kita dapat mencoba akronim atau menggunakan pengelola kata sandi ponsel cerdas. Tips Pengamanan Smartphone ketiga ini berkaitan dengan password yang kuat yang minimal 8 karakter dan terdiri dari hurup kecil dan kapital.

4. Jangan Gunakan Kembali Kata Sandi

Berbicara tentang kiat keamanan ponsel cerdas, bukan hanya kata sandi yang lemah, tetapi kurangnya variasi kata sandi yang dapat menyebabkan pelanggaran data.

Banyak orang mengambil jalan keluar yang mudah dan menggunakan dua atau tiga kata sandi yang sama untuk setiap aplikasi yang mereka gunakan dan situs yang mereka kunjungi, Jangan lakukan itu.

Tidak masalah menggunakan kata sandi yang sederhana dan dapat diulang untuk hal-hal seperti akun situs web game, selama kita tidak menggunakan kata sandi yang sama untuk ponsel atau perbankan online.

5. Jangan Simpan Login Pribadi dan Detail Pembayaran di Ponsel

Jika cara mengamankan ponsel saya dari peretas muncul di daftar tugas kita, mulailah dengan mengambil beberapa langkah sederhana untuk memastikan bahwa peretas harus bekerja keras untuk mendapatkan data.

Bahkan aplikasi keamanan ponsel cerdas terbaik pun tidak dapat menebus kelalaian dasar. Tips Pengamanan handphone ke lima tentang pengamanan login di ponsel.

Banyak orang cenderung memperdagangkan keamanan demi kenyamanan dengan meninggalkan informasi penting yang tersimpan di ponsel mereka sehingga mereka tidak perlu memasukkannya lagi saat masuk ke jejaring sosial atau melakukan pembayaran online.

Ini membuatnya sangat mudah bagi mereka yang memiliki akses ke ponsel kitaa untuk menggesek informasi yang berpotensi membebani kita lebih dari sekadar bocoran korespondensi pribadi yang memalukan.

Peramban web adalah tempat berburu umum lainnya bagi peretas. Kiat keamanan ponsel cerdas untuk browser sering kali menyebutkan berbagai risiko yang terkait dengan menjelajahi web di ponsel.

Kami tidak hanya berbicara tentang risiko yang terjadi karena berbagai kerentanan keamanan internal. Risiko yang lebih umum dan diabaikan melibatkan membiarkan browser bertanggung jawab atas login dan kata sandi, dengan membiarkan mereka mengingat semua data untuk kita.

Jadilah cerdas dan bertanggung jawab saat menggunakan ponsel kita – lebih mudah untuk memasukkan kata sandi email, log-in forum, atau detail kartu kredit kita setiap saat daripada mengatasi kehilangan data seperti itu.

6. Unduh Aplikasi Hanya Dari Sumber Aman

Ketika berbicara tentang smartphone dan keamanan, aspek lain yang sering diabaikan adalah hanya menggunakan perangkat lunak resmi dan disetujui.

Meskipun mungkin tergoda untuk melakukan jailbreak atau melakukan root pada ponsel dan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang menjanjikan untuk mempercepat dan membuka fitur tambahan di ponsel, cobalah untuk menghindari godaan tersebut.

Baik Google dan Apple memiliki aturan ketat tentang aplikasi apa yang diizinkan di toko mereka karena suatu alasan – banyak aplikasi telepon internet mengandung malware dan eksploitasi yang dirancang untuk mencuri data pribadi dari telepon.

Memastikan untuk hanya menggunakan perangkat lunak resmi tidak selalu memberi kita ponsel yang paling aman, tetapi ini jelas merupakan langkah penting dan sering diabaikan dalam proses menjaga keamanan data pribadi.

Bukan kebetulan bahwa produsen ponsel tidak memandang baik orang yang melakukan rooting atau jailbreaking perangkat mereka atau menggunakan situs aplikasi pihak ketiga – tindakan pencegahan keamanan itu ada karena suatu alasan.

7. Instal Antivirus

Inilah ide lain yang tidak berasal dari perangkat seluler, tetapi berfungsi dengan baik seperti halnya di komputer pribadi. Ada banyak aplikasi keamanan ponsel untuk perangkat Android, iOS, dan Windows Mobile.

Kita harus menggunakan satu, meskipun mungkin tampak agak berlebihan memilihnya.

Ada banyak pers buruk tentang bagaimana aplikasi keamanan ponsel dapat memperlambat perangkat. Pada kenyataannya, sebagian besar yang bagus tidak terlalu mencolok dan hanya menyebabkan pelambatan saat melakukan pemindaian mendalam.

Di sisi lain, mereka dapat memastikan bahwa ponsel kita aman dari file malware dan eksploitasi bahkan jika kita mengunjungi situs yang mencurigakan atau mencoba mengunduh aplikasi yang dapat merusak perangkat kita atau mencuri data.

Namun, mereka tidak mahakuasa, jadi harus tetap berhati-hati dengan file yang kita unduh dan situs yang dikunjungi.

Mengenai solusi mana yang harus dipilih, tip keamanan ponsel umumnya menyarankan untuk tetap menggunakan perangkat lunak yang sudah teruji yang bekerja dengan baik di PC, sehingga kita tidak akan salah memilih seperti BitDefender, Norton, Kaspersky, atau McAfee.

Yang semua memiliki versi solusi antivirus desktop yang dioptimalkan untuk seluler, yang dirancang khusus untuk sistem operasi seluler dan bahaya yang ditimbulkan oleh aplikasi seluler. Atau, kita juga dapat mencoba menghapus malware seluler dengan tangan.

Untuk membuat segalanya lebih baik, banyak perusahaan antivirus menggabungkan versi gratis dari perangkat lunak seluler mereka saat kita membeli versi desktop.

Pastikan saja kita benar-benar mengunduh aplikasi keamanan ponsel cerdas yang sah, karena banyak perangkat lunak berbahaya dan program malware menyamar sebagai solusi antivirus, pembersih file sampah, dan aplikasi bermanfaat serupa.

Gunakan penilaian terbaik kita dan periksa apa yang orang lain katakan tentang suatu aplikasi sebelum mengunduhnya. Ini adalah manfaat lain dari menggunakan toko aplikasi yang disetujui secara resmi – bahkan jika Anda tidak melihat aplikasi berbahaya, kemungkinan besar orang lain akan melihat dan melaporkan sesuatu.

8. Gunakan VPN dan Berhati-hati dengan Koneksi Wi-Fi Publik

Istilah virtual private network atau disingkat VPN banyak dilontarkan di komunitas teknologi akhir-akhir ini. Kiat keamanan ponsel cerdas oleh Wired, PC Mag, dan situs teknologi populer lainnya sering kali berbicara tentang pentingnya berhati-hati saat menghubungkan ke hotspot Wi-Fi publik dan sumber internet gratis yang tidak terlindungi.

VPN – jaringan pribadi virtual – adalah solusi yang sangat baik. Meskipun merupakan praktik umum yang baik untuk menjauh dari jaringan publik yang tidak aman (yang disukai sebagian besar peretas, karena mereka sering kekurangan fitur keamanan dan enkripsi penting, yang membuat pekerjaan mereka jauh lebih mudah), menggunakan VPN dapat meningkatkan keamanan data seluler dalam situasi tersebut ketika perlu online dan kehabisan pilihan lain.

Mereka melakukannya dengan menghubungkan ke server eksternal dan menutupi IP Anda untuk menyembunyikan lokasi perangkat Anda yang sebenarnya.

9. Berhati-hati Saat Menggunakan Bluetooth

Sejumlah besar orang tidak menyadari bahaya Bluetooth. Meskipun protokol pemasangan perangkat yang praktis ini dapat menghemat banyak kerumitan dalam mentransfer file atau menghubungkan perangkat secara nirkabel, ini juga dapat menjadi cara mudah bagi peretas untuk masuk ke ponsel jika kita tidak menggunakannya secara bertanggung jawab.

Pastikan perangkat kita tidak dapat ditemukan dan selalu matikan Bluetooth saat kita tidak menggunakannya. Terlepas dari apa yang disarankan oleh beberapa kiat keamanan perangkat seluler, seorang peretas tidak mengintai setiap detik bahwa perangkat kita tersedia di jaringan, tetapi tetap harus berhati-hati.

Selalu pastikan kita mengenali perangkat yang dipasangkan, dan coba pertahankan koneksi kita hanya selama itu perlu untuk melakukan apa pun yang dicoba lakukan. Jangan malas – terlalu banyak orang cenderung meninggalkan Wi-Fi dan Bluetooth secara permanen, hanya untuk menyesalinya nanti.

Tentu, lupa mematikan Bluetooth hampir tidak berbahaya bagi keamanan perangkat seluler Anda seperti menghubungkan ke jaringan publik yang tidak terlindungi, mengunduh file yang mencurigakan, atau menjalankan perangkat lunak usang.

10. Berhati-hati dengan Penyimpanan Cloud

Penyimpanan cloud adalah hal yang populer akhir-akhir ini. Ini menawarkan banyak penyimpanan yang andal untuk semua data kita dan menyediakan cara lain untuk menjaga file agar tetap aman jika ponsel hilang atau rusak. Tapi ada tangkapan.

Perangkat Android secara otomatis disinkronkan dengan akun Gmail orang dan Google Drive. Mari kita hadapi itu: Terlepas dari apa yang dikatakan beberapa kiat keamanan ponsel cerdas iOS dan Android, Google dan penyedia layanan cloud serupa lainnya seperti Megaupload telah terlibat dalam berbagai transaksi gelap yang melibatkan data pribadi orang.

Meskipun Kakak mungkin tidak memiliki waktu atau minat untuk melihat ribuan foto dari pesta pernikahan atau kelulusan, sebaiknya kita ingat bahwa sebagian besar pemerintah berhak membuat penyedia tersebut membagikan data yang mereka miliki. .

Beberapa berpendapat bahwa mereka tidak menyembunyikan apa pun, dan, sejujurnya, data kita pasti lebih aman dengan penyedia penyimpanan cloud yang bereputasi baik daripada dengan peretas.

Namun, jika kita khawatir tentang keamanan untuk ponsel cerdas, kita akan memastikan untuk memahami dengan tepat apa yang kita daftarkan saat menggunakan layanan cloud.

Alih-alih memperdagangkan kenyamanan penyimpanan cloud yang mudah untuk potensi risiko keamanan, pikirkan tentang menggunakan disk USB terenkripsi atau perangkat keras serupa.

Juga, pertimbangkan untuk mengaktifkan opsi untuk menghapus semua data ponsel kita dari jarak jauh. Ini akan memungkinkan kita untuk dengan cepat menghancurkan data pribadi apa pun jika ponsel hilang, dicuri, atau dibajak.

Tips Pengamanan Smartphone yang terakhir ini terkait dengan penyimpanan cloud yang sudah mulai banyak digunakan dan kita harus berhati hati. Demikianlah pembahasan mengenai 10 Tips Pengamanan Smartphone atau ponsel yang bisa mengamankan perangkat komunikasi kita yaitu smartphone, semoga bermanfaat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *