Pengertian Literasi, E-Literasi, I-Literasi

Halo sobat aliyhafiz.com, Pada kesempatan kali ini kita akan membahas pengertian literasi, e-literasi, i-literasi dan pentingnya literasi..simak yuk..

Kata literasi dan e-literasi kemungkinan besar masyarakat sudah banyak yang tahu, tapi tidak dengan i-literasi. Apa itu  i-literasi?

Pengertian Literasi

Jika kata literasi dipahami sebagai kemampuan membaca dan menulis, kemudian UNESCO menyatakan pengertian literasi adalah kemampuan individu untuk mengidentifikasi, memahami, mengartikan, mengkomunikasikan, menghitung, menggunakan media cetak atau tertulis yang digunakan untuk meningkatkan pengetahuan dirinya, dan mencapai tujuannya. Lanjut dikatakan UNESCO pengertian literasi bisa berkembang sesuai dengan latar belakang dari pemberi arti literasi itu sendiri.

Pengertian e-Literasi

Lalu, e-literasi seperti dikatakan oleh Indrajit e-literasi adalah kemampuan menggunakan perangkat teknologi informasi. E-literasi sendiri memiliki tingkat kematangan dari skala 0 sampai 5, dimana 0 berarti seseorang tidak mengerti sama sekali tentang penggunaan perangkat teknologi informasi sedangkan angka 5 mengartikan seseorang yang telah memaksimalkan penggunaan perangkat teknologi informasi dalam kehidupan sehari-hari.

Pengertian i-Literasi

Pengertian i-literasi berarti internet literasi, yaitu kemapuan menggunakan internet. Mengapa perlu i-literasi? Perkembangan internet yang semakin luas, dimana menurut survei asosiasi pengguna jasa internet indonesia (APJII) bahwa  132 juta penduduk indonesia telah menggunakan internet , ini merupakan jumlah yang sangat besar. Namun masih  tertinggal oleh China , Amerika, India, Jepang, dan Brazil, dimana penetrasi internet terbesar adalah Amerika yang mencapai 82%. Sedangkan China 58%. Dan Indonesia 40%. Penetrasi internet di suatu negara bisa menjadi indikator bahwa masyarakat di negara tersebut telah melek internet atau tingkat i-literasinya telah mencapai tingkat yang diharapkan.

Pentingnya Literasi

Pentingnya i-literasi terasa ketika semua aktifitas kita saat ini bisa dilakukan melalui internet, mulai dari belajar, bekerja, berbisnis , dan berbelanja semuanya sudah bergantung dengan internet. Jika kita tidak segera meningkatkan kemampuan penggunaan internet, maka ketertinggalan dengan negara lain bisa menjadi momok yang menakutkan.

Baca Juga  10 Celah Keamanan Website Yang Paling Sering Jadi Target Hacker

Transformasi dari literasi kepada i-literasi diperlukan guna mengikuti perkembangan zaman yang semakin cepat. Karena jika tidak,  menjadi bangsa yang tertinggal akan menjadi konsekuensi pahit yang harus ditanggung.  Tertinggal dalam hal ekonomi, teknologi, dan ilmu pengetahuan tentu menjadi hal sangat tidak diinginkan. Itulah mengapa kita perlu meningkatkan i-literasi.

Share and Mercy

Share ke:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *