10 Ancaman Spyware Paling Berbahaya

Halo sobat aliyhafiz.com kalo ini kita akan membahas 10 ancaman spyware yang paling berbahaya. Spyware merupakan perangkat bail lunak yang digunakan untuk memata matai korban. Dan korban itu bisa saja adalah kita. Sangat berbahaya bukan.

Daftar 10 spyware Paling Berbahaya menjelaskan 10 ancaman spyware umum di balik serangan spyware terkenal dan sering diidentifikasi oleh Webroot’s Spy Audit, dan spyware yang gratis.

Pengertian Spyware

Spyware adalah istilah yang mengacu pada perangkat lunak berbahaya yang sengaja dirancang untuk mengakses komputer dan merekam aktivitasnya. Spyware dapat melacak dan merekam kebiasaan browsing pengguna, kredensial login, kata sandi, dll.

Pembuat spyware menggunakan informasi yang diperoleh dalam pelanggaran data ini untuk terlibat dalam aktivitas penipuan, atau menjualnya ke pihak ketiga.

Spyware Paling Berbahaya
Spyware Paling Berbahaya

Kunjungi halaman fitur spyware kami untuk mempelajari lebih lanjut tentang masalah ini dan cara mengatasinya.

10 Spyware Paling Berbahaya

Ancaman spyware teratas yang dihadapi organisasi saat ini meliputi:

Keylogger

Advanced Keylogger, keystroke logger, memonitor penekanan tombol dan mengambil tangkapan layar.

CoolWebSearch (CWS)

CoolWebSearch (CWS) adalah rangkaian perangkat lunak yang digunakan untuk mengeksploitasi kerentanan Internet Explorer (IE) dan dapat membajak pencarian web, beranda, dan pengaturan IE pengguna lainnya.

Spyware CWS diketahui menulis ulang hasil mesin pencari, memodifikasi file host perangkat yang terinfeksi untuk mengarahkan pencarian DNS dan mengarahkan lalu lintas ke iklan.

FinSpy (FinFisher)

FinSpy, atau FinFisher, adalah rangkaian alat pengawasan canggih yang dijual ke badan penegak hukum dan intelijen. FinSpy bekerja pada sistem operasi Windows, macOS, Linux, Android dan iOS.

Kemampuannya bervariasi tergantung pada platform. Penegakan hukum, badan intelijen, dan pelaku ancaman sering menggunakan FinSpy untuk secara diam-diam menyalakan mikrofon untuk merekam percakapan.

Bahkan menyalakan kamera, merekam dan mengirimkan gambar, mengirimkan log kunci secara real time, memodifikasi file, dan banyak lagi.

Gator (GAIN)

Gator adalah jenis adware yang dapat menampilkan iklan banner berdasarkan kebiasaan penjelajahan web pengguna. Gator sering dibundel dengan berbagai program perangkat lunak gratis dan aplikasi bajakan.

Gator memantau perilaku pengguna online dan menargetkan mereka dengan iklan yang dipersonalisasi

GO Keyboard

GO Keyboard adalah aplikasi keyboard Android virtual yang menyamar sebagai aplikasi seluler yang sah. Setelah diinstal pada perangkat Android, GO Keyboard mengirimkan informasi pribadi ke server jarak jauh tanpa persetujuan eksplisit dari pengguna.

 Informasi yang dibagikan oleh spyware GO Keyboard meliputi:

• Versi OS Android

• Model perangkat dan ukuran layar

• Alamat email akun Google Internasional

• Identitas Pelanggan Seluler (IMSI)

• Lokasi

• Tipe jaringan

• Bahasa pilihan

• Interaksi media sosial

GO Keyboard mengeksekusi kode dari server jauh untuk melanggar kebijakan privasi Google Play.

Hawk Eye

HawkEye, virus keylogger, tidak aktif selama bertahun-tahun tetapi kembali pada hari-hari awal pandemi COVID-19. Mesin yang terinfeksi melacak log kunci dan input lainnya dan membagikan informasi ini dengan server jarak jauh.

Versi baru HawkEye semakin sulit dideteksi karena fitur anti-deteksi yang luar biasa. Versi terbaru berupa ancaman email spyware yang berpura-pura menjadi peringatan dari direktur jenderal Organisasi Kesehatan Dunia.

Serangan manipulasi psikologis ini mendorong pengguna untuk mengunduh lampiran (berbahaya) untuk mengakses informasi tentang COVID-19 dan vaksinnya.

HuntBar

HuntBar adalah aplikasi Trojan yang membajak pengaturan browser web dan mengunduh serta menginstal adware tanpa sepengetahuan pengguna. Juga dikenal sebagai Adware.

Websearch atau WinTools, HuntBar melacak perilaku browsing, mengarahkan lalu lintas web ke situs afiliasi, menampilkan iklan secara paksa dan menginstal lebih banyak program spyware dan toolbar di IE.

Look2Me

Look2Me adalah spyware yang melacak perilaku pengguna, log situs web dan interaksi media sosial dan membagikan informasi ini dengan server jarak jauh. Informasi tersebut kemudian digunakan untuk menampilkan iklan yang mengganggu.

Spyware Look2Me juga mengunduh dan menginstal berbagai add-on, ekstensi, bilah alat, dan program lain yang tidak diinginkan di komputer pengguna.

Hal ini membuat ancaman spyware lebih berbahaya daripada adware tradisional. Menghapus Look2Me sulit karena fungsionalitas tipe rootkitnya.

Pegasus

Spyware Pegasus NSO Group adalah salah satu ancaman spyware terbaru yang menjadi berita utama. Meskipun Pegasus awalnya dikembangkan untuk memerangi terorisme, bukti menunjukkan bahwa banyak klien menggunakan Pegasus untuk memata-matai jurnalis, aktivis politik, lawan politik, dan hampir semua orang yang diinginkan klien.

Pemerintah di Prancis, Hongaria, India, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Inggris, dan Amerika Serikat diketahui telah menggunakan spyware Pegasus.

PhoneSpy

PhoneSpy adalah contoh virus spyware yang berpura-pura menjadi aplikasi seluler untuk mendapatkan akses dan menginfeksi perangkat seluler Android.

Pendekatan ini memungkinkan pelaku ancaman untuk mengontrol perangkat seluler dan mencuri data dari jarak jauh. Aplikasi seluler dengan PhoneSpy tidak tersedia di Google Play Store, sehingga diyakini menyebar melalui serangan rekayasa sosial dan platform pihak ketiga.

Demikianlah pembahasan mengenai spyware yang paling berbahaya. Sangat berbahaya bukan, oleh karena itu harus berhati hati ya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.