Cyber Security Analyst Pengertian, Peran dan Tanggung Jawab

Halo Sobat aliyhafiz.com kali ini kita akan bahas mengenai cyber security analyst mulai dari pengertian, peran dan tanggungjawabnya. Peretas di seluruh dunia terus menerapkan teknik baru dan canggih untuk meretas dan mengakses data sensitif organisasi. Karena meningkatnya jumlah serangan siber, maka meningkatkan jumlah cyber security analyst pula.

Pengertian Cyber Security Analyst

Cyber Security Analyst atau Analis keamanan siber terutama bertanggung jawab untuk melindungi jaringan dan sistem perusahaan dari serangan siber. Cyber Security Analyst (CSA) adalah seseorang yang bertugas melakukan analisa keamanan siber suatu organisasi.

Ini melibatkan penelitian tren teknologi informasi (TI) yang akan datang, membuat rencana darurat, meninjau aktivitas mencurigakan, melaporkan pelanggaran keamanan, dan mendidik seluruh perusahaan tentang langkah-langkah keamanan.

cyber security analyst
cyber security analyst

Cyber Security Analyst/Analis keamanan siber juga bertanggung jawab untuk menerapkan langkah-langkah perlindungan ancaman dan kontrol keamanan. Mereka bahkan dapat mensimulasikan serangan keamanan untuk mengetahui potensi kerentanan yang ada di dalam organisasi.

Istilah lain untuk Cyber Security Analyst adalah Information Security Analyst. Information Security Analyst adalah seseorang yang khusus menangani keamanan informasi organisasi. Selain itu seorang Information Security Analyst bertanggung jawab terhadap keamanan data dan jaringan komputer.

Information Security Analyst

Kebutuhan seorang Information Security Analyst semakin tinggi. Karena peretas terus menggunakan strategi dan alat baru, analis keamanan siber juga perlu tetap mendapat informasi tentang berbagai perkembangan senjata digital mereka.

Cara Menjadi Cyber Security Analyst

Ada sejumlah persyaratan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang Cyber Security Analyst. Biasanya, sebagian besar perusahaan akan lebih memilih orang dengan gelar dalam keamanan informasi atau bidang terkait lainnya.

Namun, Anda juga dapat memasuki profesi ini dengan memulai dari posisi teknologi informasi (TI) tingkat pemula, dan kemudian naik ke peran keamanan siber.

Anda dapat memperoleh pengalaman dan keterampilan yang diperlukan melalui sertifikasi dan kamp pelatihan online, yang menawarkan kursus kilat tentang keamanan siber. Sertifikasi membantu Anda meningkatkan potensi penghasilan dan membuat Anda menonjol di mata pemberi kerja.

Peran dan Tanggung Jawab Analis Keamanan Cyber

Seorang analis keamanan siber mempersiapkan dan menanggapi serangan siber. Proses ini mungkin berbeda antara tempat kerja, perusahaan, dan sektor, tetapi gagasan umumnya tetap sama. Berikut adalah beberapa peran dan tanggung jawab analis keamanan cyber yang umum:

Kelola Perangkat Lunak

Instal, kelola, dan perbarui perangkat lunak pada semua sistem dan jaringan dalam suatu organisasi, dan pastikan langkah-langkah keamanan yang memadai pada semuanya.

Memantau Jaringan

Pantau jaringan untuk tetap mendapat informasi tentang aktivitas yang terjadi di dalamnya, identifikasi aktivitas negatif dalam kode yang masuk dan tanggapi sesuai dengan itu

Kembangkan Rencana Keamanan

Memberikan saran dan praktik keamanan data terbaik bagi karyawan dan pengguna akhir.

Pelaporan

Kumpulkan laporan keselamatan yang sedang berlangsung, dokumentasikan masalah keamanan dan tindakan yang diambil untuk mengatasinya.

Riset

Teliti tren yang akan datang dalam teknologi dan keamanan informasi, tetap perbarui potensi ancaman dan serangan, dan buat strategi pencegahan.

Skill Analis Keamanan Cyber?

Seorang analis keamanan siber harus memiliki berbagai keterampilan untuk dapat menangani malware dan pelanggaran keamanan. Keterampilan yang paling penting untuk seorang analis keamanan cyber adalah:

Membuat Skrip

Pengetahuan tentang bahasa pemrograman komputer dan skrip seperti Java atau C++ sangat dicari. Hal ini memungkinkan analis keamanan siber untuk memahami ancaman yang dikodekan dan menulis ulang perangkat lunak, jika diperlukan.

Peretasan

Analis keamanan siber perlu berpikir seperti peretas untuk memahami proses peretasan. Ini akan memungkinkan mereka untuk bersiap menghadapi serangan dunia maya dan mencegahnya bahkan sebelum terjadi.

Jaringan

Cyber security analyst harus memiliki keahlian yang luas dalam bekerja dengan jaringan yang beragam dan memahami bagaimana masing-masing elemen ini dapat memengaruhi keamanan suatu organisasi.

Sistem operasi

Analis keamanan siber harus nyaman bekerja di semua jenis sistem operasi seperti Linux, Windows, iOS, Android, dll.

Deskripsi Pekerjaan Analis Keamanan Cyber

Seiring dengan semakin seringnya serangan dan ancaman siber, permintaan akan cyber security analyst terus meningkat. Menurut RiskBased Security, 7,9 miliar catatan yang mengejutkan terungkap oleh pelanggaran data dalam sembilan bulan pertama tahun 2019. Ini adalah peningkatan 112% dalam jumlah catatan yang diekspos pada tahun 2018.

Pekerjaan analis keamanan dunia maya diproyeksikan akan tumbuh hingga 31 persen dari 2019 hingga 2029, yang jauh lebih cepat daripada pekerjaan lainnya. Deskripsi pekerjaan untuk analis keamanan cyber mungkin berbeda untuk organisasi dan sektor yang berbeda.

Namun, berikut adalah beberapa atribut umum yang ditemukan di setiap atribut tersebut:

  • Konfigurasikan sistem dan konsol antivirus serta urus operasi dan struktur data sehari-hari
  • Lakukan analisis ancaman dan risiko dan berikan solusi yang layak untuk mereka
  • Kumpulkan dan analisis data untuk menghilangkan risiko, kinerja, dan masalah kapasitas
  • Buat alat dan ambil bagian secara aktif dalam tinjauan arsitektur keamanan
  • Merancang dan mengembangkan fitur dan prosedur keamanan
  • Integrasikan dan terapkan solusi perangkat lunak keamanan
  • Rancang prinsip yang aman dan optimalkan layanan teknologi baru

Gaji Analis Keamanan Cyber

Gaji analis keamanan siber tergantung pada berbagai faktor termasuk pengalaman, kualifikasi, keterampilan, sektor, dan lokasi. Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja AS, gaji rata-rata seorang analis keamanan siber adalah $99.730. untuk lengkapnya gaji seorang cyber security analyst dan cyber security engineer bisa dibaca di artikel ini ya.

Mereka yang 10 persen tertinggi berpenghasilan lebih dari $158,860 per tahun, dan mereka yang 10 persen terendah berpenghasilan sekitar $57,810 per tahun.

Sertifikasi Analis Keamanan Siber

Ada sejumlah sertifikasi di luar sana yang bermanfaat bagi analis keamanan cyber tingkat pemula dan yang sudah ada.

Sertifikasi Certified Ethical Hacker (CEH)

Sertifikasi Peretas Etis Bersertifikat memungkinkan Anda menggunakan kemampuan dan pengetahuan peretasan Anda secara sah untuk meningkatkan keamanan organisasi. Sertifikasi ini memvalidasi bahwa Anda memiliki keterampilan untuk mencari kelemahan dan kerentanan dalam sistem target seperti peretas jahat, tetapi menggunakannya dengan cara yang sah dan sah untuk menilai keamanan organisasi.

Sertifikasi (Certified Information Systems Security Professional) CISSP

Sertifikasi Profesional Keamanan Sistem Informasi Bersertifikat atau Sertifikasi CISSP adalah sertifikasi keamanan informasi yang diakui secara global yang dibuat oleh Konsorsium Sertifikasi Keamanan Sistem Informasi Internasional (ISC).

Sertifikasi CISSP

Ini memvalidasi keterampilan Anda dalam merancang, membangun, dan memelihara lingkungan bisnis yang aman menggunakan standar keamanan informasi yang disetujui secara global

Sertifikasi (Certified Information Systems Auditor) CISA

Auditor Sistem Informasi Bersertifikat atau Sertifikasi CISA adalah sebutan yang dikeluarkan oleh Asosiasi Audit dan Kontrol Sistem Informasi (ISACA) atau Information Systems Audit and Control Association. Ini adalah sertifikasi yang diakui secara global yang memvalidasi keterampilan Anda dalam mengaudit, mengontrol, dan keamanan sistem informasi.

Kesimpulan Cyber Security Analyst

Jika rekan rekan tertarik dengan menjadi seorang cyber security analyst, maka bisa mulai dari sekarang untuk mempelajari berbagai pelatihan dan sertifikasi keamanan siber. Demikian pembahasan mengenai cyber security analyst ya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *