18 Aplikasi Hack WIFI Terbaru Yang Digunakan Oleh Hacker

aliyhafiz.com – halo sobat kembali dengan pembahasan Aplikasi Hack WIFI. Wireless Fidelity atau yang disingkat dengan wifi merupakan jaringan yang menggunakan media tanpa kabel atau wireless untuk media komunikasinya. Ini berlawanan dengan jaringan kabel atau wired. Karena berfidat terbuka, maka jaringan wireless (WIFI) lebih rentan untuk diretas/dihack. Saat ini sangat banyak bertebaran aplikasi yang digunakan untuk membobol jaringan wireless. Artikel ini membahas mengenai 20 aplikasi hack WIFI yang sering digunakan untuk membobol WIFI. Disimak ya..

Pengertian WIFI (Wireless Fidelity)

Wi-Fi adalah singkatan dari wireless fidelity. WIFI ditemukan oleh NCR corporation / AT & T di Belanda pada tahun 1991. Dengan menggunakan teknologi ini kita dapat bertukar informasi antara dua perangkat atau lebih. WIFI telah dikembangkan untuk perangkat komputasi seluler, seperti halnya laptop, tetapi sekarang digunakan secara luas untuk aplikasi seluler dan elektronik konsumen seperti televisi, pemutar DVD, dan kamera digital. Seharusnya ada dua kemungkinan dalam berkomunikasi dengan koneksi WIFI yang mungkin melalui jalur akses ke koneksi klien atau koneksi klien ke klien. WIFI adalah salah satu jenis teknologi nirkabel. Ini biasa disebut sebagai LAN nirkabel (jaringan area lokal). WIFI memungkinkan jaringan area lokal untuk beroperasi tanpa kabel dan kabel. Itu membuat pilihan populer untuk jaringan rumah dan bisnis. Adaptor nirkabel komputer mentransfer data ke sinyal radio dan mentransfer data ke antena untuk pengguna.

Keamanan Pada WIFI

Berbagai protokol keamanan wireless dikembangkan untuk melindungi penggunaan jaringan nirkabel. Protokol keamanan nirkabel ini termasuk WEP, WPA, dan WPA2, masing-masing dengan kekuatannya sendiri – dan kelemahan. Selain mencegah tamu tak diundang dari terhubung ke jaringan wireless, protokol keamanan wireless mengenkripsi data pribadi saat sedang dikirim melalui gelombang udara.

Berikut ini adalah uraian protokol keamanan nirkabel WEP, WPA, dan WPA2:

  1. Wired Equivalent Privacy (WEP): Protokol enkripsi asli dikembangkan untuk jaringan nirkabel. Sesuai namanya, WEP dirancang untuk memberikan tingkat keamanan yang sama dengan jaringan kabel. Namun, WEP memiliki banyak kelemahan keamanan yang terkenal, sulit untuk dikonfigurasi, dan mudah rusak.
  2. Wi-Fi Protected Access (WPA): Diperkenalkan sebagai peningkatan keamanan sementara atas WEP sementara standar keamanan nirkabel 802.11i sedang dikembangkan. Sebagian besar implementasi WPA saat ini menggunakan kunci preshared (PSK), biasanya disebut sebagai WPA Personal, dan Protokol Integritas Kunci Temporal (TKIP, diucapkan tee-kip) untuk enkripsi. WPA Enterprise menggunakan server otentikasi untuk menghasilkan kunci atau sertifikat.
  3. Wi-Fi Protected Access versi 2 (WPA2): Berdasarkan standar keamanan nirkabel 802.11i, yang diselesaikan pada tahun 2004. Peningkatan paling signifikan untuk WPA2 dibandingkan WPA adalah penggunaan Advanced Encryption Standard (AES) untuk enkripsi. Keamanan yang disediakan oleh AES cukup (dan disetujui) untuk digunakan oleh pemerintah AS untuk mengenkripsi informasi yang diklasifikasikan sebagai rahasia – mungkin juga cukup baik untuk melindungi rahasia yang dikomunikasikan melalui jaringan wireless.

Celah Keamanan Pada WIFI

Seperti perangkat teknologi informasi lainnya, jaringan wireless memiliki celah keamanan yang bisa dibobol oleh hacker. Apa saja celah keamanan pada WIFI? Berikut ini adalah celah keamanan pada jaringan WIFI;

  1. Pengelolaan akun perangkat wifi yang default dari pabrik
  2. Kelemahan pada keamanan WEP
  3. Tidak menggunakan protokol yang aman
  4. Dan lain lain.
Baca Juga  Deface Website: Pengertian, Jenis Dan Cara Mencegah

Aplikasi Hack WIFI

Berikut ini adalah aplikasi hack wifi yang sering digunakan oleh hacker untuk membobol jaringan wireless. Disimak ya..

#1. Aplikasi Hack Wifi : Aircrack-ng

aplikasi hack wifi aircrack
aircrack-ng.org

Aircrack adalah salah satu aplikasi hack password wifi yang paling populer yang dapat digunakan untuk membobol WEP dan WPA 802.11a / b / g. Aircrack menggunakan algoritma terbaik untuk memulihkan kata sandi nirkabel dengan mengambil paket. Setelah cukup paket dikumpulkan, ia mencoba memulihkan kata sandi. Untuk membuat serangan lebih cepat, itu mengimplementasikan serangan FMS standar dengan beberapa optimasi.

Perusahaan di balik aplikasi ini juga menawarkan tutorial online untuk mempelajari cara memasang dan menggunakan aplikasi ini untuk memecahkan password wifi. Muncul sebagai opsi distribusi Linux, Live CD dan VMware. Aplikasi ini mendukung sebagian besar adaptor nirkabel dan hampir dijamin berfungsi. Jika sudah terbiasa menggunakan distribusi Linux, satu-satunya kelemahan aplikasi ini adalah ia membutuhkan pengetahuan yang lebih dalam tentang Linux. Jika tidak terbiasa dan nyaman dengan Linux, Anda akan kesulitan menggunakan aplikasi ini. VMWare Image membutuhkan lebih sedikit pengetahuan, tetapi hanya bekerja dengan perangkat host OS yang terbatas, dan hanya perangkat USB yang didukung.

Sebelum menggunakan aplikasi ini, hendaknya pengguna mengkonfirmasikan bahwa wireless card dapat menginjeksi paket. Kemudian mulai crack WEP. Baca tutorial online di situs web untuk mengetahui lebih lanjut tentang aplikasi ini. Jika Anda akan mengikuti langkah-langkah dengan benar, Anda akan mendapatkan kesuksesan dengan aplikasi ini. Untuk mendapatkan aplikasi hack ini  silahkan kunjungi laman http://www.aircrack-ng.org/.

#2. Aplikasi Hack Wifi : Airjack

Airjack adalah aplikasi injeksi paket Wi-Fi 802.11. Aplikasi cracking wireless ini sangat berguna dalam menginjeksi paket palsu dan membuat jaringan mati karena penolakan serangan layanan. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk melakukan teknik hacking Man In The Middle Attack.Untuk mendapatkan aplikasi hack ini  silahkan kunjungi laman http://sourceforge.net/projects/airjack/.

#3. Aplikasi Hack Wifi : AirSnort

aplikasi hack wifi airsnort
snort.org

AirSnort adalah aplikasi hack yang digunakan untuk mendekripsi dari perlindungan enkripsi WEP pada jaringan wi-fi 802.11b. kelebihan aplikasi ini yaitu free/gratis dan dapat berjalan di platform Linux serta Windows. Aplikasi ini tidak dikembangkan lagi, tetapi masih tersedia untuk diunduh dari web Sourceforge. AirSnort bekerja dengan secara pasif memonitor transmisi dan menghitung kunci enkripsi setelah paket cukup diterima. Aplikasi ini mudah digunakan. Jika tertarik menggunakan aplikasi hack ini, silahkan kunjungi laman http://sourceforge.net/projects/airsnort/.

#4. Aplikasi Hack Wifi : Cain & Able

Cain & Able adalah aplikasi hack password yang sangat terkenal. Aplikasi ini dikembangkan untuk mencegat lalu lintas jaringan dan kemudian menemukan kata sandi dengan mengcrackpassword menggunakan metode serangan cryptanalysis. Itu juga dapat merecover key jaringan wireless dengan menganalisis protokol routing. Jika Anda mencoba mempelajari keamanan nirkabel dan pemecahan kata sandi, Anda harus mencoba aplikasi ini. Untuk mendapatkan aplikasi hack ini  silahkan kunjungi laman http://www.oxid.it/cain.html.

#5. Aplikasi Hack Wifi : CoWPAtty

CoWPAtty adalah aplikasi dictionary attack untuk WPA-PSK, berjalan pada OS Linux. Program ini memiliki antarmuka baris perintah dan berjalan pada daftar kata yang berisi password untuk digunakan dalam serangan.

Cara menggunakan aplikasi ini sangat mudah, tetapi akibatnya adalah akan membuat koneksi menjadi lambat. Hal itu karena hash menggunakan SHA1 dengan seed SSID. Ini berarti password yang sama akan memiliki SSIM yang berbeda. Jadi, Anda tidak bisa hanya menggunakan tabel pelangi terhadap semua titik akses. Jadi, aplikasi ini menggunakan kamus kata sandi dan menghasilkan retasan untuk setiap kata yang terkandung dalam kamus dengan menggunakan SSID.

Versi baru aplikasi mencoba meningkatkan kecepatan dengan menggunakan file hash yang sudah dihitung sebelumnya. File yang dihitung sebelumnya ini berisi sekitar 172000 file kamus untuk sekitar 1000 SSI paling populer. Tetapi jika SSID Anda tidak ada dalam 1000 itu, Anda beruntung. Untuk mendapatkan aplikasi hack ini  silahkan kunjungi laman http://sourceforge.net/projects/cowpatty/.

Baca Juga  Ransomware Menyerang Ke Jaringan Kontraktor IT NASA

#6. Aplikasi Hack Wifi : CommView For WiFi

CommView For WiFi adalah aplikasi yang digunakan untuk memonitor jaringan wireless dan aplikasi penganalisa paket. Muncul dengan GUI yang mudah dimengerti. Ini berfungsi dengan baik dengan jaringan 802.11 a / b / g / n / ac. Ini menangkap setiap paket dan menampilkan informasi yang berguna sebagai daftar. Anda dapat memperoleh informasi yang bermanfaat seperti titik akses, stasiun, kekuatan sinyal, koneksi jaringan dan distribusi protokol.

Paket yang diambil dapat didekripsi dengan kunci WEP atau WPA yang ditentukan pengguna.

Aplikasi ini pada dasarnya untuk admin jaringan wi-fi, profesional keamanan, dan pengguna rumahan yang ingin memantau lalu lintas wi-fi dan programmer yang bekerja pada perangkat lunak untuk jaringan nirkabel. Untuk mendapatkan aplikasi hack ini  silahkan kunjungi laman http://www.tamos.com/products/commwifi/

#7. Aplikasi Hack Wifi : CloudCracker

CloudCracker adalah aplikasi hack password online yang digunakan untuk meng crack password jaringan wi-fi yang dilindungi enkripsi WPA. Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk memecahkan hash pada password yang berbeda. Cukup unggah file hand-shake, masukkan nama jaringan dan jalankan aplikasi. Aplikasi ini memiliki dictionary sekitar 300 juta kata untuk melakukan dictionary attack. Untuk mendapatkan aplikasi hack ini  silahkan kunjungi laman https://crack.sh/

#8. Aplikasi Hack Wifi : Fern Wifi Cracker

wireless hacking
kali.org

Fern WiFi Cracker adalah aplikasi berbasis python yang dapat digunakan untuk cracking WEP / WPA / WPA2, session hijacking, replay permintaan ARP dan melakukan serangan brute force. Itu dapat menyimpan kunci dalam database pada serangan yang berhasil. Ini mendukung fitur serangan titik akses otomatis dan memiliki mesin MITM internal juga. Ini juga sudah dipaket dalam Kali. Untuk mendapatkan aplikasi hack ini  silahkan kunjungi laman https://www.logitheque.com/en/linux/fern-wifi-cracker-45686.

#9. Aplikasi Hack Wifi : Gerix WiFi Cracker 

aplikasi wireless hacking
darknet.org.uk

Gerix WiFi cracker adalah aplikasi Hacking Wireless 802.11 yang mudah digunakan dengan GUI, awalnya dibuat untuk dijalankan di BackTrack dan versi ini telah diperbarui untuk Kali (2018.1). Untuk mendapatkan aplikasi hack ini  silahkan kunjungi laman https://sourceforge.net/projects/gerix-wifi-cracker/.

#10. Aplikasi Hack Wifi : Infernal Twin

Infernal Twin adalah aplikasi yang biasa digunakan untuk pengujian keamanan wireless. Pengguna dapat menggunakannya untuk serangan Evil Twin, yang menciptakan titik akses WiFi palsu untuk mengendus komunikasi nirkabel. Dengan menggunakan aplikasi ini, seseorang dapat menguping pengguna menggunakan phishing dan menjalankan serangan man-in-the-middle untuk menargetkan pengguna yang dituju. Dengan menggunakan aplikasi peretas kata sandi WiFi ini, seseorang dapat menargetkan keamanan WPA2 / WEP / WPA, rekayasa sosial nirkabel, pembuatan laporan otomatis, dll. Aplikasi keamanan berlisensi GPLv3 ini, ditulis dengan Python, dapat diinstal pada distro Linux dan digunakan untuk audit jaringan dan terpendam. Untuk mendapatkan aplikasi hack ini  silahkan kunjungi laman https://github.com/entropy1337/infernal-twin.

#11. Hashcat / oclHashcat

Sementara Hashcat dikenal sebagai aplikasi hack password berbasis CPU tercepat di dunia, Hashcat dapat digunakan untuk meningkatkan keamanan WPA / WPA2 yang digunakan. Sebelum melakukan itu, sebaiknya menggunakan aplikasi seperti Reaver untuk mengumpulkan key share dan mendekripsi hash. Jika Anda ingin melakukan hacking WiFi lebih cepat, sebaiknya menggunakan oclHashcat untuk menggunakan GPU modern. Aplikasi ini dapat digunakan dengan atau tanpa daftar kata untuk cracking. Ini adalah aplikasi lintas platform yang dapat digunakan di Linux, Windows, dan macOS untuk pemulihan kata sandi yang cepat. Untuk mendapatkan aplikasi hack ini  silahkan kunjungi laman https://hashcat.net/hashcat/.

#12. inSSIDer

inSSIDer adalah Wi-Fi scanner  untuk sistem operasi Microsoft Windows dan OS X. Awalnya aplikasi itu adalah opensource. Kemudian menjadi premium dan sekarang biaya $ 19,99. Itu juga dianugerahi sebagai “Perangkat Lunak OpenSource Terbaik di Jaringan”. Wi-fi scanner inSSIDer dapat melakukan berbagai tugas, termasuk menemukan titik akses wi-fi terbuka, melacak kekuatan sinyal, dan menyimpan log dengan catatan GPS. Untuk mendapatkan aplikasi hack ini  silahkan kunjungi laman inSSIDer: http://www.inssider.com/.

Baca Juga  Keamanan Teknologi Informasi

#13. Kismet

Kismet adalah sniffer dan IDS jaringan nirkabel wi-fi 802.11 a / b / g / n layer2. Ini bekerja dengan kartu wi-fi yang mendukung mode rfmon. Ini secara pasif mengumpulkan paket untuk mengidentifikasi jaringan dan mendeteksi jaringan yang tersembunyi. Itu dibangun di atas arsitektur modular klien / server. Ini tersedia untuk platform Linux, OSX, Windows dan BSD. Untuk mendapatkan aplikasi hack ini  silahkan kunjungi laman http://www.kismetwireless.net/.

#14. NetStumbler

NetStumbler adalah aplikasi yang berjalan di Windows untuk menemukan hotspot wireless. Aplikasi ini gratis dan tersedia untuk Windows. Versi aplikasi yang dipangkas juga tersedia. Ini disebut MiniStumbler. Pada dasarnya NetStumblet digunakan untuk mengatur, memverifikasi konfigurasi jaringan, menemukan lokasi dengan jaringan yang buruk, mendeteksi titik akses yang tidak sah, dan banyak lagi.

Namun aplikasi ini juga memiliki kelemahan besar. Itu dapat dengan mudah dideteksi oleh sebagian besar sistem deteksi intrusi nirkabel yang tersedia. Ini karena ia secara aktif memeriksa jaringan untuk mengumpulkan informasi yang berguna. Kerugian lain dari aplikasi ini adalah tidak berfungsi dengan baik dengan OS Windows 64 bit terbaru. Ini karena aplikasi ini terakhir diperbarui kembali pada bulan April 2004. Sudah sekitar 11 tahun sejak rilis stabil terakhir aplikasi. Untuk mendapatkan aplikasi hack ini  silahkan kunjungi laman http://www.stumbler.net/.

#15. OmniPeek

OmniPeek adalah paket sniffer yang digunakan untuk memonitor dan menganalisa paket dan lalu lintas jaringan. Aplikasi ini bersifat komersial dan hanya mendukung sistem operasi Windows. Aplikasi ini digunakan untuk menangkap dan menganalisis lalu lintas jaringan wireless. Tapi itu mengharuskan Anda untuk memiliki pengetahuan yang baik tentang protokol untuk memahami hal-hal dengan benar. Suatu hal yang baik adalah aplikasi ini bekerja dengan sebagian besar kartu antarmuka jaringan yang tersedia di pasar. Aplikasi ini digunakan untuk pemecahan masalah jaringan. Aplikasi ini juga mendukung plugin, dan 40 plugin sudah tersedia untuk memperluas fitur aplikasi.

Untuk mendapatkan aplikasi hack ini  silahkan kunjungi laman http://www.wildpackets.com/products/distributed_network_analysis/omnipeek_network_analyzer.

#16. Reaver

Reaver menggunakan teknik brute force terhadap PIN registrar pengaturan WiFi yang dilindungi untuk mendapatkan frasa sandi WPA / WPA2. Salah satu hal terbaik tentang aplikasi ini adalah waktu respons. Anda bisa mendapatkan frasa sandi dalam plaintext hanya dalam beberapa jam. Jika Anda menggunakan Kali, paket reaver sudah dipaket sebelumnya. Untuk mendapatkan aplikasi hack ini  silahkan kunjungi laman https://www.darknet.org.uk/2017/09/reaver-download-hack-wps-pin-wifi-networks/.

#17. WireShark

WireShark adalah aplikasi yang biasa digunakan untuk memonitor dan menganalisa paket dan protokol yang ada jaringan. Ini memungkinkan pengguna untuk memeriksa apa yang sedang terjadi di jaringan. Anda dapat hidup menangkap paket dan menganalisanya. Ini menangkap paket dan memungkinkan Anda memeriksa data di tingkat mikro. Ini berjalan pada Windows, Linux, OS X, Solaries, FreeBSD dan lainnya. WireShark membutuhkan pengetahuan yang baik tentang protokol jaringan untuk menganalisis data yang diperoleh dengan aplikasi ini. Jika Anda tidak memiliki pengetahuan yang baik tentang itu, Anda mungkin tidak menemukan aplikasi ini menarik. Jadi, coba hanya jika Anda yakin tentang pengetahuan protokol Anda. Untuk mendapatkan aplikasi hack ini  silahkan kunjungi laman https://www.wireshark.org/.

#18. WepAttack

WepAttack adalah aplikasi Linux open source untuk mengcrack enkripsi WEP pada 802.11. Aplikasi ini melakukan dictionary attack aktif dengan menggunakan jutaan kata untuk menemukan password yang berfungsi. Hanya beberapa wifi card yang bisa digunakan untuk melakukan serangan WEPAttack ini. Untuk mendapatkan aplikasi hack ini  silahkan kunjungi laman http://wepattack.sourceforge.net/.

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan mengenai aplikasi hack WIFI. Dimulai dari pengertian jaringan WIFI, keamanan pada jaringan WIFI dan tool yang digunakan untuk membobol WIFI. Semoga bermanfaat ya..

Share ke:

2 comments on “18 Aplikasi Hack WIFI Terbaru Yang Digunakan Oleh Hacker

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *